Aki Baru Tapi Mobil Susah Distarter, Ini Penyebabnya

DheVilz – Untuk melakukan starter pada mobil, diperlukan adanya sumber tenaga yang biasanya diambil dari aki. Ketika mobil dirasa susah untuk distarter, pemilik mobil cenderung akan menyalahkan aki.

Namun jika mobil menggunakan aki yang masih baru dan mobil tetap susah untuk distarter atau susah dihidupkan mesinnya, maka besar kemungkinan penyebabnya selain dari aki tersebut.

Jika penyebab bukan dari aki, maka perlu ditelusuri lebih lanjut. Bisa saja penyebabnya dari pengapian, bisa juga penyebab mobil susah distarter karena bahan bakar.

Jika sumber mobil susah distarter berasal dari pengapian, bisa menindak lanjuti dengan mengecek terlebih dahulu bagian busi mobil. Busi mobil yang kondisinya sudah tidak bagus lagi atau sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi penyebab mobil susah distarter.

Bahkan, ketika kondisi busi mobil yang sudah kotor dapat menyebabkan mobil menjadi susah untuk distarter.

Selain dari busi, bisa juga masalah disebabkan karena koilnya atau bahkan penyebabnya bisa dari ECU-nya. Untuk melihat lebih jelasnya tentunya harus dilakukan pengecekan secara lebih mendetail.

Permasalahan lain ketika mobil susah untuk distarter ada pada dinamo starter atau dinamo ampre.

Ketika dinamo starter atau dinamo amper sudah dalam kondisi yang tidak baik. Maka aliran listrik pada kendaraan akan terganggu. Akibatnya, baterai atau aki mobil tidak akan terisi arus dengan baik. Walaupun menggunakan baterai atau aki yang baru.

Penyakit atau masalah diatas biasanya dialami oleh mobil-mobil yang sudah berumur atau yang usianya sudah lebih dari delapan tahun. Bisa dikatakan bahwa hal itu memang bisa terjadi lantaran umur dari part yang digunakan memang sudah harus diremajakan atau harus dilakukan pergantian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *