Alasan Nissan Tutup Pabrik Perakitan di Indonesia

Alasan Nissan Tutup Pabrik Perakitan di Indonesia

Advertisement

DheVilz Com – Isao Sekiguchi selaku Bos Nissan Motor Indonesia, akhirnya membuka suara tentang penutupan salah satu pabrik di Jawa Barat, Indonesia. Langkah penutupan pabrik di Jawa Barat ini merupakan salah satu strategi perusahaan.

Perusahaan Asal Jepang ini akan memfokuskan perakitan untuk kawasan ASEAN di negara Thailand. Keputusan tersebut telah diumumkan pada tanggal 28 Mei 2020 melalui keterangan resmi yang telah disiarkan di situs Nissan Global.

Advertisement

Pada awal tahun 2019 yang lalu, pihak Nissan juga sudah menghentikan salah satu fasilitas produksi yang ada di Karawang, Jawa Barat.

Sebelum menutup pabrik di Indonesia, pihak Nissan juga telah menutup pabrik perakitan di negara lain seperti Barcelona, Spanyol. Basis Produksi Nissan untuk kawasan Eropa berada di di Sunderland, Inggris.

Advertisement

Pengurangan basis produksi ini sudah dikabarkan sejak tahun 2018 yang lalu, dan pengurangan ini akan terus berlanjut hingga tahun 2022 nanti.

Pihak Nissan menjelaskan bahwa rencana empat tahun tersebut digunakan untuk berfokus pada dua bidang strategis, yaitu membangun reputasi Nissan untuk inovasi, keahlian, fokus pelanggan dan kualitas, di samping transformasi budaya yang berkelanjutan.

Advertisement

Kedepannya pihak Nissan akan memfokuskan bisnis intinya pada pasar di Negara Jepang, China dan Amerika Utara. Penjualan Nissan nantinya akan berfokus pada pasar global seperti mobil sport, mobil listrik dan kendaraan segmen C dan D.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *