Ganti Aki Mobil, Kelistrikan Tetap Bermasalah, Ini Penyebabnya

Ganti Aki Mobil, Kelistrikan Tetap Bermasalah, Ini Penyebabnya

DheVilz – Ganti aki mobil, terkadang tidak menyelesaikan masalah kelistrikan yang ada pada mobil. Padahal, pada mobil keluaran terbaru, kelistrikan merupakan suatu hal yang sangat vital. Untuk itu, mobil memerlukan aki yang memiliki kondisi yang baik agar mobil dapat digunakan secara optimal. Tapi bagaimana jika kasusnya sudah ganti aki mobil, tapi kelistrikan tetap bermasalah?

Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut terhadap komponen lain yang ada pada mobil.

Komponen lain yang perlu diperhatikan salah satunya yaitu alternator. Fungsi alternator pada mobil ini sebagai pembangkit tenaga listrik yang menyuplai semua kebutuhan daya listrik yang ada pada mobil.

Komponen alternator ini bekerja dengan cara mengubah tenaga kinetis menjadi tenaga listrik yang dibutuhkan oleh mobil. Ketika kinerja alternator ini kurang maksimal, maka bisa berdampak pada umur aki yang semakin pendek.

Ketika tenaga listrik yang berasal dari aki telah disalurkan seluruhnya ke komponen yang membutuhkan tenaga listrik, maka aki tidak akan bisa lagi menyuplai tenaga listrik dengan baik. Dampak dari kurangnya suplai listrik ini bisa saja membuat mobil menjadi susah untuk dihidupkan alias mobil menjadi mogok.

Pada mobil keluaran lama, ketika alternator rusak bisa diketahui dari lampu indikator aki yang menyala. Tapi pada mobil zaman sekarang ini, yang telah dilengkapi dengan ECU, bisa saja lampu indikator mesin yang menyala.

Ketika alternator ini bermasalah, bisa diketahui dengan cara menyalakan lampu mobil. Ketika mobil dalam keadaan diam (idle) maka sorot lampu mobil terlihat lebih redup, tetapi ketika mobil berada di RMP tinggi, maka sorot lampu akan terasa lebih terang.

Ketika mobil dipasang dengan berbagai komponen tambahan juga dapat mempengaruhi kinerja alternator. Sehingga, pengisian aki yang dilakukan oleh alternator menjadi kurang maksimal, hal ini jelas akan berdampak pada aki yang menjadi cepat tekor.

Alternator yang ada pada mobil zaman sekarang ini sudah mengadopsi teknologi yang lebih canggih dari pada alternator zaman dahulu. Pada zaman dulu menggunakan model cut out atau model terpisah. Yang sekarang sudah built-in. Untuk perawatan alternator ini, yang jelas memerhatikan pemakaian kelistrikan yang tidak berlebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.