Spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250 Mesin 1 Silinder, Perfomanya Nagih

Spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250 Mesin 1 Silinder, Perfomanya Nagih

DheVilz – Berani tampil beda, spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250 hanya menggunakan 1 buah silinder. Diluncurkan pada bulan November 2021 motor inipun berani unjuk gigi walaupun mengusung mesin yang berbeda dengan para kompetitor dikelasnya. Mesin yang dibawa oleh Suzuki Gixxer SF 250 ini bisa dibilang cukup sederhana dibandingkan dengan para kompetitornya.

Motor 250cc yang ada saat ini kebanyakan sudah mengadopsi 2-silinder, namun Suzuki mengeluarkan motor Gixxer ini menggunakan single silinder. Hal ini membuat motor ini bersaing secara Kawasaki Ninja 250 SL yang sama-sama mengusung konsep single silinder ini.

Lebih sederhana lagi, motor dengan kubikasi 250 cc ini masih menggunakan sistem pendinginan udara, dengan tambahan oil cooler. Sistem oil-cooler atau yang dikenal dengan nama SOCS (Suzuki Oil Cooling System) memiliki teknologi yang lebih canggih.

Jadi sistem SOCS (Suzuki Oil Cooling System) ini memiliki oil jacket atau jalur oli yang dibuat disekitar silinder. Ketika suhu mesin sudah mulai optimal, oli yang masih dingin ini akan mulai bersirkulasi di sekitar kepala silinder yang bertujuan untuk mendinginkan suhu mesin pada motor.

Sistem pendinginan dengan sistem SOCS (Suzuki Oil Cooling System) ini dapat bekerja dengan baik pada motor, terbukti ketika mencoba mengendarai motor dijalanan yang padat dan macet, hawa panas yang ditimbulkan dari mesin tidak terasa sama sekali.

Mungkin berkat teknologi yang digunakan dan juga adanya fairing pada motor mampu mengusir panas yang ditimbulkan oleh mesin.

Jika melihat spesifikasi diatas kertas, power yang dihasilkan oleh motor Gixxer SF 250 ini sudah cukup oke. Dengan mesin 250cc, single silinder SOHC Full Injection dan dengan kombinasi bore x stroke 76 mm x 54.9 mm, tenaga yang dihasilkan oleh motor ini mencapai 26.5 PS atau setara 24 tk pada 9.000 RPM dan untuk torsinya sendiri mencapai 22.6 Nm pada putaran mesin 7.500 RPM.

Ketika motor ini dinyalakan, suara yang dihasilkan oleh mesin cukup langsam dan sedikit ngebass, begitu juga ketika motor berjalan pada RPM rendah. Apalagi knalpot yang ada pada Gixxer SF 250 ini telah mengusung silincer dan memiliki dua lubang pembuangan.

Sama seperti mesin dengan single silinder, ketika motor digeber suara menjadi agak kasar ketika diputaran atas. Selain itu terdapat suara yang dihasilkan dari boks filter udara ketika motor sedang digunakan untuk berakselerasi kuat.

Jika dibandingkan dengan motor lain yang mengusung single silinder 250cc, motor ini masih tergolong memiliki mesin dengan karakter suara yang halus dibandingkan motor lain.

Dengan mesin 250cc single silinder yang ada pada Suzuki Gixxer, vibrasi yang disebabkan dari mesin masih terasa. Terutama pada bagian foot step ketika motor sedang melaju di putaran menengah ke atas. Namun getaran ini sedikit teratasi dengan adanya karet pelapis yang ada pada foot step motor.

Karena mesin menggunakan silinder overbore, maka tenaga mesin Gixxer 250cc ini terasa begitu beringas pada putaran mesin menengah keatas. Untuk putaran bawahnya mesin ini tergolong biasa saja, tetapi tetap responsif karena torsi mesinnya cukup kuat.

Suzuki Gixxer SF 250 ini juga cocok digunakan untuk harian, karakter mesin ini juga cocok untuk dipakai harian. Penyaluran tenaga sangat smooth dan tidak terasa ada sendatan. Motor terasa sangat ringan dan santai untuk dikendarai di area perkotaan, hal ini didukung dengan karakter mesin diputaran bawah yang cukup smooth.

Ketika dikejar waktu, motor inipun cukup bagus ketika berakselerasi. Performa dari mesin ini tidak mengecewakan untuk diajak “lari-lari kecil” di kecepatan 80 kpj ke atas. Hal ini didukung dengan karakter mesin diputaran menengah ke atas yang bertenaga.

Tenaga mesin yang besar ini disalurkan keroda belakang dengan transmisi 6-percepatan ditambah dengan ratio yang cukup rapat. Pada gigi 5 & 6, karakter mesin dibuat overdrive, hal ini mungkin untuk mengejar efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Terdapat tiga varian warna yang bisa dipilih, yakni Blue Silver, Blue, dan Matt Black.

Harga motor ini OTR Jakarta untuk tahun 2022 ini mencapai Rp 49.300.000, namun harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Spesifikasi Gixxer SF 250

Enggine

Engine Type4-Cycle, 1-Cylinder, Oil-Cooled
Valve SystemSOHC
Displacement249 cm3
Bore X Stroke76 mm x 54.9 mm
Fuel SystemFuel Injection
Starter SystemElectric
Transmission Type6 Speed, MT

Dimensions & Weight

WheelsCast
Overall Length2010 mm
Overall Width740 mm
Overall Height1035 mm
Wheel Base1345 mm
Ground Clearance165 mm
Kerb Mass161 Kg
Fuel Tank12 L

Suspension

FrontTelescopic
RearSwing Arm

Tyre Size

Front110/70R17M/C 54S
Rear150/60R17M/C 66S

Brakes

FrontDisc
RearDisc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.