Bingung membaca kode pada ban mobil? Begini caranya!

Bingung membaca kode pada ban mobil? Begini caranya!

Banyak para pemilik mobil kurang paham dengan apa yang ada pada kendaraannya. Termasuk tentang apa yang ada pada ban mobil mereka. Terdapat banyak sekali kode pada ban mobil, yang kebanyakan para pemilik kendaraan mengabaikan kode tersebut. Padahal kode tersebut tidak kalah penting untuk dipahami. Bahkan, sekarang banyak pemilik kendaraan yang tidak membaca manual book, karena dianggap tidak penting. Jika mobil mengalami masalah, pemilik kendaraan akan panik dan kebingungan. Padahal masalah-masalah tersebut bisa jadi sudah tertulis dibuku panduan/manual book.

Kembali ketopik tentang membaca kode pada ban mobil.

Sebagai contohnya, saya menggunakan kode ban seperti yang tertera di foto.

P215/55R17 93v
KODE P

Arti P pada kode ban mobil tersebut adalah singkatan dari Passenger yang berarti ban tersebut diperuntukkan untuk kendaraan atau mobil penumpang. Selain hufur P, biasanya juga ditemukan huruf lain seperti LT(Light Truck), ST(Special Trailer) dan ada juga T(temporary) yang biasanya digunakan untuk ban serep.

KODE Angka 215

Arti angka 215 pada kode ban mobil merupakan lebar tapak ban dalam satuan mm(milimeter), yang berarti kode angka 215 memiliki lebar 215mm. Menggunakan ban dengan tapak yang lebar atau yang kurus memiliki pengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Ban dengan tapak yang lebar akan menambah daya cengkram mobil, dan sebaliknya. Namun tapak ban yang lebar akan mempengaruhi akselerasi mobil. Jika akselerasi mobil paspasan, ketika lebar tapak ban diubah menjadi lebih lebar maka akselerasinya akan sangat terasa menurun, karena daya cengkram atau gaya gesek ban dengan aspal bertambah.

Kode angka 55

Arti angka 55 merupakan profil dari ban. Profil ban atau tinggi dinding ban memiliki banyak ukuran. Walaupun ban memiliki ukuran profil yang sama namun tingginya bisa bervariatif.

Memilih profit ban juga berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Ban dengan profit tipis akan membuat mobil terlihat lebih stylish, namun kenyamanan sedikit dikorbankan. Ban dengan profil tipis akan membuat velg mobil cepat rusak ketika melewati jalan yang bergelombang atau jalan berlubang. Sedangkan ban dengan profil yang tebal akan terlihat kurang stylish namun kenyamanan akan bertambah ketika melewati jalan bergelombang, karena ban sedikit membantu meredam goncangan.

Kode r17

Arti R17 pada ban merupakan kode untuk ukuran velg kendaraan. Membeli ban harus sesuai dengan velg yang terpasang dikendaraan. Membeli ban berbeda dengan ukuran velg yang terpasang maka ban tersebut tidak bisa digunakan, kecuali jika anda ingin mengubah ukuran velg menjadi lebih besar/kecil.

Jika anda ingin mengubah ukuran velg, pabrik menganjurkan untuk naik maksimal hingga 2 inc. Misalnya, ukuran velg awal adalah R15, maka sebaiknya maksimal naik hingga ukuran R17. Walaupun bisa mengupgrade velg lebih dari 2 inc, namun kenyamanan akan sangat berbeda.

Kode angka 93

Arti angka 93 pada ban mobil menupakan kode indeks beban yang dapat diterima oleh ban. Beban yang dimaksud adalah untuk satu bagian ban saja. Berikut ini adalah kode indeks beban yang umum dipasaran.

62 beban maksimal 265 Kg.
63 beban maksimal 272 Kg.
64 beban maksimal 265 Kg.
66 beban maksimal 300 Kg.
68 beban maksimal 315 Kg.
70 beban maksimal 335 Kg.
73 beban maksimal 365 Kg.
75 beban maksimal 387 Kg.
80-89 beban maksimal 450-580 Kg.
90-100 beban maksimal 600-800 Kg

Kode huruf V

Arti Huruf V pada ban mobil merupakan kode batas maksimal kecepatan yang mampu diterima oleh ban. Pabrikan ban membuat berbagai macam ban dengan batas maksimal yang berbeda-beda, sesuai dengan peruntukannya.
Berikut ini kode batas kecepatan ban yang ada di pasaran.
Q kecepatan maksimal = 160 km/jam.
S kecepatan maksimal = 180 km/jam.
T kecepatan maksimal = 190 km/jam.
U kecepatan maksimal = 200 km.jam.
H kecepatan maksimal = 210 km/jam.
V kecepatan maksimal = 240 km/jam.
W kecepatan maksimal = 270 km/jam.
Y kecepatan maksimal = 300 km/jam.
Z kecepatan di atas = 240 km/jam

Selain kode-kode diatas, masih ada beberapa macam kode yang terdapat pada ban, seperti struktur ban, tahun produksi, arah rotasi dan jenis ban. Namun tidak semua pabrik mencantumkan kode-kode tersebut secara lengkap!

Struktur Ban

Contoh kode struktur ban TREAD: 3 NYLON dan SIDEWALL: 2 NYLON

Tread merupakan bagian dari tapak ban yang langsung bersinggungan dengan aspal. Bagian ini harus kuat menahan menturan dan tusukan yang dapat merusak ban. Sedangkan 3 NYLON berarti ban tersebut diproduksi menggunakan NYLON hingga 3 lapis.

Sidewall merupakan bagian dinding ban yang berfungsi untuk menopang ban. 2 NYLON berarti dinding ban tersebut dilapisi hingga 2 lapis nylon.

usia produksi

Usia produksi merupakan bagian yang sangat penting untuk dilihat. Jadi ketika memilih ban,usahakan untuk mengecek tanggal produksi ban tersebut. Karena sebenarnya ban memiliki usia pakai selama 5 tahun. Jika usia ban sudah melebihi 5 tahun, kelenturan ban sudah berkurang dan rawan rusak. Jadi usahakan untuk mengecek usia produksi ban agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Untuk mengecek usia produksi bisa melihat di ban mobil.

Misalnya XXX1218

Huruf yang ada didepan merupakan kode yang diberikan oleh pabrik.

Dua angka didepan(12) menandakan ban tersebut diproduksi pada minggu ke 17, sedangkan dua angka di akhir merupakan tahun produksi.
Jadi untuk membaca kode tersebut berarti ban dibuat pada pertengahan April tahun 2018.

Arah rotasi ban

Biasanya pada ban tertentu terdapat arah panah. itu menandakan bahwa putaran ban harus sesuai dengan arah panah. Kenapa harus sesuai? karena biasanya produsen membuat ban dengan ulir tertentu yang tidak boleh terbalik.

Jenis Ban

Ada dua jenis ban yang sering digunakan, yaitu TT(Tube Type) dan TL(Tubeless). Tube Type berarti ban tersebut menggunakan ban dalem. Sedangkan ban tipe Tubeless tidak harus menggunakan ban dalem.

Sekian informasi mengenai cara membaca kode ban pada mobil. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *