Tips Memilih BBM

Tips Memilih BBM Terbaik untuk Kendaraan

Apakah anda termasuk orang-orang yang memiliki pemikiran bahwa pertamax lebih baik untuk kendaraan anda? Pemikiran-pemikiran tersebut biasanya sering muncul dikalangan masyarakat umum. Tapi apakah benar penggunaan bahan bakar jenis pertamax lebih baik untuk kendaraan anda? Berikut ini saya berikan tips memilih BBM untuk kendaraan anda.

BBM atau Bahan Bakar Minyak biasanya digunakan untuk bahan bakar kendaraan agar kendaraan dapat melaju atau berjalan. BBM sendiri banyak jenisnya. Misalnya, pada SPBU Pertamina terdapat beberapa jenis BBM. Dimulai dari premium yang mendapatkan subsidi dari pemerintah, pertalite, pertamax, pertamax plus, dan pertamax turbo. Kemudian pada SPBU Shell terdapat shell super, dan shell v-power. Untuk SPBU Total ada performance 90, performance 92 dan performance 95. Sedangkan untuk SPBU AKR ada Gasoline 92(AKRA 92). Lantas, manakah BBM yang sesuai dengan kendaraan anda?

Karena banyaknya jenis BBM yang dipasarkan sebaiknya disesuaikan dengan kompresi mesin masing-masing kendaraan agar performa kendaraan bisa optimal. Biasanya, para produsen kendaraan telah mencantumkan nilai RON yang sesuai dengan kendaraan anda. RON atau Research Octane Number adalah nilai oktan sebuah bahan bakar. Semakin tinggi angka RON maka semakin baik kualitasnya. Namun apakah kendaraan anda harus menggunakan RON tinggi? Jawabannya Relatif. Untuk mengetahui Nilai Oktan yang dianjurkan oleh pabrik, anda bisa melihat pada bagian tangki kendaraan. Pada kendaraan jenis motor anda bisa mengeceknya dengan membuka jok dan melihat sticker yang ada di tangki bbm. Sedangkan untuk mobil biasanya terdapat sticker pada tutup tangki BBM. Misalnya sticker dengan tulisan RON 92 atau RON 95. Jika kendaraan anda bertuliskan RON 90, berarti motor anda minimal harus menggunakan bahan bakar jenis pertalite. Karena pertalite memiliki nilai RON 90. Selain pertalite anda juga bisa memilih alternatif lain seperti performance 90 pada SPBU Total atau memilih Gasoline 92 jika memilih SPBU AKR.

Penggunaan bahan bakar sesuai rasio kompresi ini sangat dianjurkan. Karena jika menggunakan bahan bakar yang memiliki nilai oktan rendah, maka bahan bakar tersebut mudah terbakar. Jika menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah seperti premium(RON 88) pada kendaraan dengan rasio kompresi yang tinggi akan menyebabkan masalah. Hal ini karena bahan Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut dan terjadilah knocking atau istilahnya Ngelitik.
Walaupun kendaraan-kendaraan masa kini sudah banyak dibekali teknologi seperti knoking sensor, namun saya tidak merekomendasikan bahan bakar dengan oktan rendah pada kendaraan berkompresi tinggi.

Beda halnya jika kendaraan berkompresi rendah menggunakan bahan bakar dengan oktan number yang tinggi. Hal ini juga tidak saya rekomendasikan karena bahan bakar akan mubadzir. Untuk informasi, bahan bakar dengan nilai oktan tinggi maka bahan bakar tersebut sulit untuk terbakar. Sehingga penggunaan bahan bakar beroktan tinggi pada kendaraan dengan kompresi rendah akan mengakibatkan bahan bakar tidak terbakar sempurna. Alhasil ada bahan bakar yang tidak terbakar dan terbuang ke pipa pembuangan.

Berikut ini saya berikan sedikit penjelasan mengenai memilih bahan bakar untuk kendaraan yang sesuai.

  • Nilai Oktan 88 cocok untuk kendaraan yang memiliki kompresi 7:1 sampai 9:1
    Jenis bahan bakar yang memiliki RON 88 adalah Premium
  • Nilai Oktan 90 cocok untuk kendaraan yang memiliki kompresi 9,1:1 sampai 10:1
    Jenis bahan bakar yang memiliki RON 90 adalah Pertalite
  • Nilai Oktan 92 cocok untuk kendaraan yang memiliki kompresi 10,1:1 sampai 11:1
    Jenis bahan bakar yang memiliki RON 92 adalah Pertamax, Shell Super dan Total Performance 92
  • Nilai Oktan 95 cocok untuk kendaraan yang memiliki kompresi 11,1:1 sampai 12:1
    Jenis bahan bakar yang memiliki nilai oktan 95 adalah Shell V-Power dan Total Performance 95
    Sebenarnya masih ada Pertamax Plus, namun pertamax plus mulai 2018 dihentikan dan di ganti dengan Pertamax turbo
  • Nilai Oktan 98 cocok untuk kendaraan yang memiliki kompresi 12,1:1 sampai 12,5:1
    Jenis bahan bakar yang memiliki nilai oktan 98 adalah Pertamax Turbo
  • Nilai Oktan 100 cocok untuk kendaraan yang memiliki kompresi 12,5:1 ke atas
    Jenis bahan bakar yang memiliki nilai oktan 100 adalah Pertamax Racing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *