Sepeda Motor Honda Vario 160, Ini Fitur Keunggulan yang Dimiliki

Sepeda Motor Honda Vario 160, Ini Fitur Keunggulan yang Dimiliki

DheVilz – Pada awal tahun 2022 ini, Astra Honda Motor (AHM) secara resmi melansir Sepeda Motor Honda Vario 160. Terjadi rombakan besar-besaran yang terjadi di motor ini, mulai dari eksterior hingga jeroan motor.

Pada Honda Vario 160 ini, semua lampu yang digunakan seperti lampu depan dan belakang serta lampu sein sudah mengadopsi lampu LED, lengkap dengan DRL pada bagian depan.

Menilik pada bagian depan, terdapat instrumen full digital yang dapat memberikan informasi cukup lengkap. Instrumen ini dapat menunjukkan informasi seperti kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, indikator Smart Key, jam digital, fuel consumption, indikator tegangan baterai, indikator penggantian oli, trip meter, indikator ISS, dan juga indikator ABS pada motor varian ABS.

Honda Vario 160 sudah dilengkapi dengan keyless. Motor ini juga telah dilengkapi dengan colokan USB pada bagian glove box kiri. Glove box ini telah dilengkapi dengan penutup, sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan kemanan ketika hujan atau debu.

Vario 160 memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar, bagasi ini memiliki kapasitas 18 kg dan mampu digunakan untuk menyimpan helm half face secara sempurna.

Untuk kenyamanan berkendara dan keamanan berkendara sepeda motor ini dilengkapi dengan ban yang sedikit lebih lebar, sepeda motor Vario 160 ini menggunakan ban tubeless dengan ukuran 100/80-14 untuk bagian depan dan 120/70-14 pada bagian belakang.

Honda Vario 160 dibekali dengan rangka yang mirip pada motor Beat, Genio, dan Scoopy. Rangka ini sudah cukup kuat karena menggunakan teknologi enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).

Karakter pada rangka ini yakni memiliki kekuatan penopangan yang lebih baik tetapi dengan bobot yang lebih ringan. Sehingga membuat motor lebih nyaman ketika dikendarai.

Pada mesin yang digunakan pada Honda Vario 160 ini mirip seperti yang digunakan pada PCX 160, tenaga yang dihasilkan cukup baik dan responsif, namun konsumsi bahan bakar yang digunakan tidak terpaut jauh dengan Honda Vario 150.

Mesin yang digunakan pada Vario 160 ini memiliki kapasitas 160cc dengan 4 katup eSP+, dan juga telah dilengkapi dengan pendingin cair. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 11.3 kW pada 8.500 rpm dan memiliki torsi maksimum hingga 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Pabrik mengklaim motor Vario 160 ini memiliki konsumsi bbm mencapai 46.9 km per liter.

Jika melihat spesifikasi diatas kertas, motor Vario 160 ini memiliki tenaga yang berbeda tipis dengan PCX 160. Pada motor PCX memiliki bore x stroke 60 x 55,5 mm yang menghasilkan tenaga hingga 11,8 kW pada 8.500 rpm dan juga torsi maksimal hingga 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Honda Vario 160 memiliki dua varian yang bisa dipilih, yakni ABS dan CBS. Secara sekilas kedua varian ini tidak terlalu terlihat perbedaanya, namun secara detail perbedaannya cukup banyak.

Sesuai nama yang digunakan, Vario 160 ABS dibekali dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Memiliki Rem cakram dibagian depan dan belakang, diameter cakramnya depan mencapai depan 220 mm.

Sedangkan pada Vario CBS menggunakan teknologi sistem pengereman Combi Brake System yang menggunakan teknologi hidrolis. Jika Rem belakang ditarik, maka Rem belakang akan bekerja yang kemudian diikuti dengan Rem depan secara otomatis.

Jika menilik spesifikasi diatas kertas lagi, motor Vario 160 versi ABS memiliki bobot 115 kg, sedangkan varian CBS memiliki bobot 2 kg lebih berat atau lebih tepatnya 117 kg. Perbedaan berat ini karena adanya perbedaan sistem pengereman yang digunakan dikedua varian.

Jika melihat dari desain eksterior yang diusung kedua varian ini, Vario 160 ABS memiliki desain yang lebih elegan. Pada Varian ABS ini, tulisan Vario yang ada pada body motor menggunakan Logo 3D sedangkan pada tipe CBS menggunakan stiker.

Perbedaan lainnya yakni pada harganya. Harga Vario 160 ABS dibandrol dengan harga Rp 25,8 juta, sedangkan Varian CBS dibandrol dengan harga yang lebih tinggi, yakni Rp 28,5 juta.