Cara Agar Blog Tidak Muncul di Pencarian Google

Advertisement

DheVilz – Muncul dihalaman pertama pencarian google merupakaan dambaan semua blogger. Karena dengan muncul di halaman pertama dan mendapaatkan posisi teratas, maka pendapatan blog bisa meningkat. Namun pada sebagian orang, ada yang meninginkan agar blognya tidak dapat ditemukan ketika menulis keyword di mesin pencarian google. Berikut ini cara agar blog tidak muncul di pencarian google versi DheVilz.com.

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara agar blog tidak muncul di pencarian google, alangkah lebih baiknya apabila kita memahami terlebih dahulu apa dampak dari penggunaan no index pada blog.

Mengaktifkan No Index Pada Blog

Ketika mengaktifkan fitur no Index pada blog, pastikan Anda sudah paham akan konsekuensi ketika melakukan hal tersebut. Karena hal ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang pemula di dunia blog. Mengaktifkan No Index pada blog dapat mempengaruhi berikut ini:

Pendapatan Blog

Jika Anda merupakan blogger dengan mengedepankan penghasilan dari blog, hal ini tentu tidak disarankan. Apalagi apabila pendapatan Anda seluruhnya murni berasal dari search enggine google.

Advertisement

Trafik Menurun

Kembali lagi ketika Anda mengaktifkan no index pada blog, jika blog Anda merupakan blog dengan trafik murni dari search enggine, sudah dipastikan blog Anda akan mengalami penurunan trafik. Bahkan bisa jadi blog Anda sampai tidak ada pengunjungnya sama sekali.

Berbeda jika blog Anda sudah terkenal, dan memilik banyak pembaca setia yang menunggu update artikel dari blog Anda. Biasanya pengunjung setia akan langsung menuliskan alamat atau url blog. Misalnya saja menulis “dhevilz.com” secara langsung. Maka trafik blog tetap ada namun tidak akan membludak.

Hilang dari Peredaran

Jika Anda menggunakan fitur no Index pada wordpress ataupun pada blogger, ketika Anda mencari blog Anda di mesin pencarian dengan kata kunci “nama blog” maka tidak akan muncul sama sekali postingan-postingan yang berkaitan dengan blog Anda.

READ  Cara Mudah Mendapatkan Domain Gratis Eu.Org Aktif Selamanya

Bisa jadi, yang muncul adalah blog lain yang memiliki nama mirip dengan blog Anda. Namun, jika sebelumnya sudah ada beberapa artikel yang di Index maka artikel atau postingan Anda masih tetap ada sampai beberapa bulan kedepan. Postingan akan tetap ada di mesin pencarian maksimal hingga 6 bulan kedepan, dimulai saat Anda mengganti pengaturan blog menjadi no index. Namun, terkadang bisa saja membutuhkan waktu yang lebih cepat.

Advertisement

Namun jangan khawatir, walaupun blog Anda hilang dari mesin pencarian tetapi blog Anda tetap masih bisa di buka atau dikunjungi. Bagai mana cara mengunjungi blog yang mengaktifkan no index? Cara mengunjungi blog tersebut dengan cara menuliskan alamat url atau nama domain secara lengkap. Misalnya “https://dhevilz.com” atau “dhevilz.com”.

Untuk Siapa fitur No Index pada Blog?

Fitur no index ini dapat dimanfaatkan untuk blog yang mengusung konsep member dan member premium. Dengan demikian, hanya member dan member berbayar saja yang dapat menikmati konten-konten yang ada di blog Anda.

Namun, tentunya membutuhkan pengaturan tingkat lanjut untuk menerapkan hal ini.

Advertisement

Cara Melakukan No Index pada Blog

Blog WordPress

Jika Anda pengguna WordPress, silahkan Anda ikuti petunjuk berikut ini.

  1. Login ke dasbord wordpress milik Anda
  2. Masuk ke bagian Setting
  3. Pilih sub menu Reading
  4. Pada bagian Search engine visibility silahkan Anda beri ceklist pada kolom Discourage search engines from indexing this site
  5. Pilih Save Change untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.

Blog Blogger

Ketika Anda menggunakan blogger, silahkan ikuti cara-cara dibawah ini

  1. Login ke dasbord blogger Anda
  2. Pilih menu Setting
  3. Pada sub menu Privacy terdapat tulisan Visible to search engines. Silahkan Anda klik pada Allow search engines to find your blog ubah menjadi abu-abu
  4. Pengaturan pada Blogger akan tersimpan secara otomatis.
READ  Cara Mengganti Favicon Blogger dan Wordpress

Cukup mudah untuk membuat blog hilang dari peredaran search enggine bukan? Apakah Anda sudah mempertimbangkan dengan matang, untuk menggunakan pengaturan ini?

Advertisement
Default image
DheVilz

Leave a Reply