Cara Menampilkan Fanspage Facebook di Blog Terbaru 2020

Cara Menampilkan Fanspage Facebook di Blog Terbaru 2020

Advertisement

DheVilz Com – Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips dan trik tentang cara menampilkan Fanspage Facebook atau Facebook Page di blog. Cara ini merupakan cara terbaru dan juga panduan ini akan disertai dengan gambar.

Bagi Anda yang ingin menampilkan Facebook page di blog wordpress maupun blogspot dapat membaca panduan ini. Panduan ini sangat cocok bagi Anda, karena akan saya sajikan secara lengkap dan mendetail.

Keuntungan menampilkan Fanspage Facebook pada blog yaitu untuk memperkuat hubungan antara pengunjung blog dengan pemilik blog. Apa lagi jika pemilik blog tersebut sering membagikan tulisan-tulisan blognya di Fanspage yang dimilikinya.

Yang kedua untuk memudahkan pengunjung blog berinteraksi dengan pemilik blog. Misalnya saja pemilik blog tersebut tidak mau menuliskan alamat emailnya atau menuliskan kontak yang bisa dihubungi, maka langkah yang dbisa Anda lakukan sebagai pemilik blog yaitu membuat Fanspage agar pengunjung dapat berinteraksi melalui Fanspage tersebut.

Yang ketiga yaitu untuk branding. Dengan menambahkan Fanspage dibagian widget blog memudahkan pengunjung untuk mengetahui akun sosial media blog yang dimilikinya. Tak jarang jika suatu blog memiliki kemiripan nama, sehingga membuat pengunjung ragu, apakah akun sosial media tersebut benar milik blog tujuan atau bukan.

Advertisement

Namun, dibalik kelebihan tersebut. Terdapat kelemahan yang didapatkan ketika menempatkan fanspage Facebook di blog. Kelemahan tersebut yaitu membuat durasi loading blog sedikit lebih lama. Namun ini tidak akan berdampak signifikan jika server/hosting yang Anda gunakan memiliki kualitas yang baik.

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuat Fanspage Facebook. Pada langkah ini saya angkap Anda sudah memiliki Fanspage Facebook, sehingga Anda dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Cara menampilkan Fanspage Facebook di blog yang kedua yaitu masuk ke Web Facebook Developer. Silahkan kunjungi halaman web berikut ini.

https://developers.facebook.com
Cara Mudah Menampilkan Fanspage Facebook di Blog

Setelah membuka alamat web diatas, silahkan Anda lanjutkan dengan menggulir ke bawah hingga muncul tampilan footer blog. Pada bagian footer silahkan klik Social Integrations.

Social Integrations

Setelah membuka menu Social Integrations tadi, maka tampilan web akan berubah seperti gambar di atas ini. Silahkan klik Docs pada bagian Social Plugins.

Social Plugin

Pada tambilan Social Plugin, silahkan anda klik lagi pada bagian Page Plugin.

Advertisement

Url/Link Fanspage Facebook

Pada menu Page Plugin terdapat tiga langkah yang harus Anda lakukan.
1. Masukkan alamat atau link Fanspage Facebook yang Anda miliki, contoh saya menggunakan alamat Facebook Page yang saya miliki yaitu https://www.facebook.com/DheVilzProjects
2. Silahkan atur lebar dan tinggi tampilan Fanspage Facebook, sesuaikan dengan theme blog yang Anda miliki. Disini saya mengisi tinggi dengan angka 150 dan membiarkan lebar tetap kosong.
3. Setelah dua langkah diatas dirasa cukup, silahkan Anda tekan tombol Get Kode.

Get Code

Dua langkah terakhir yang harus Anda lakukan yaitu memasukkan kedua kode tersebut kedalam theme yang Anda miliki.

Kode no 1 atau kode yang berada di Atas, silahkan Anda masukkan ke dalam tag body di template yang anda miliki.

Kode 1

Untuk pengguna WordPress.org, silahkan Anda masuk ke Appearance > Theme Editor > header.php
Lalu masukkan kode 1 dibawah tag <body>

Untuk kode no 2, silahkan Anda masukkan ke bagian widget dimana Anda ingin menampilkan kode tersebut.

Untuk Pengguna WordPress.org, Silahkan Anda masuk ke Appearance > Customize > Widget> Custom HTML

Advertisement

Kode 2

Memasukkan Kode 1 dan 2 pada Blogspot

Cara mudah memasukkan Fanspage Facebook ke dalam blog dengan blogspot sebagai berikut ini.

Kode 1

Untuk memasukkan kode 1 pada blogspot, silahkan pilih menu Theme, kemudian pilih Edit HTML
Langkah selanjutnya yaitu pencet CTRL F atau F3 lalu masukkan kata berikut dalam pencarian <body>

Silahkan Anda tempel kode 1 dibawah kode <body>

Kode 1

Kode 2

Untuk kode 2 pada CMS blogger/blogspot cukup mudah, yaitu masuk ke menu Layout, Lalu pilih loksi widget dimana Anda ingin menempatkan Fanspage Facebook tadi. Jika sudah memilih lokasi widget, silahkan Anda pilih Add a Gadget>HTML/JavaScript

Sekian tutorial dari saya tentang cara menampilkan Fanpage Facebook di Blog terbaru dan terlengkap, semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekalian.

Advertisement