Cara Mengganti Favicon Blogger dan WordPress

Cara Mengganti Favicon Blogger dan WordPress

DheVilz – Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips dan trik cara mengganti Favicon pada Blog yang menggunakan platform Blogger dan WordPress. Favicon merupakan ikon berupa gambar yang muncul pada address bar suatu halaman web. Favicon ini juga bisa dikatakan sebagai Identitas dari suatu blog, icon ini tentunya berbeda antara blog satu dengan blog lainnya.

Advertisement

Kenapa kita harus mengganti Favicon?

Sebagai Identitas. Ketika kita memiliki blog ataupun web, sebaiknya kita memiliki ciri khas tersendiri yang kita miliki. Nah, favicon ini mewakiliki identitas suatu blog atau web tersebut, karena favicon ini dibuat seunik mungkin sehingga hanya blog kita satu-satunya yang menggunakan logo atau icon ini.

Meningkatkan Kualitas. Sebenarnya ketika Anda membuat blog dari platform Blogger ataupun dari WordPress secara otomatis akan mendapatkan favicon. Namun Favicon ini merupakan default dan memiliki kesamaan icon dengan blog-blog lain yang belum mengganti favicon mereka.

Ketika berada dipencarian Google pun, blog yang memiliki kostum favicon ini menambah minat tersendiri untuk sebagian epmbaca. Sehingga pembaca tertentu akan lebih memilih membuka website atau blog yang sudah mengganti favicon mereka.

Menandakan Website yang Serius. Jika Anda benar-benar berniat untuk membuat blog, pastinya akan memperhatikan hal-hal kecil. Dengan demikian, hal kecil seperti mengganti favicon juga dipertimbangkan, jika memang Anda benar-benar serius membangun blog. Sama halnya dengan konten, ketika membuat blog hanya asal-asalan tanpa banyak pertimbangan. Pastinya ketika membuat konten juga asal-asalan atau bahkan hanya kopi paste dari berbagai sumber.

Advertisement

Mengganti favicon pada blog atau website cukup mudah, kenapa harus menunda untuk mengganti favicon pada blog atau website?

Cara Mengganti Favicon Blogger

Yang pertama kali harus Anda lakukan ketika ingin mengganti favicon di blogger yaitu dengan cara login ke akun blogger yang ingin Anda ubah logo faviconnya.

Ketika Anda sudah berada di dasbord Blogger, maka tampilan yang muncul akan seperti gambar dibawah ini.

Setelah itu, silahkan Anda masuk pada bagian “Setelan”

Pada bagian Setelan, silahkan Anda cari pada bagian “Favicon”.
Favicon ini berada di Setelan Dasar. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda lihat pada gambar diatas.

Ketika Anda sudah mengklik “Favicon”, maka akan muncul tab baru “Konfigurasi Ikon Favorit” yang muncul secara otomatis.

Silahkan Anda pilih “Choose File” lalu cari dimana Anda menyimpan gambar yang akan dijadikan favicon website atau blog yang Anda miliki.

Ketika sudah memilih gambar yang akan dijadikan favicon, jangan lupa untuk mengklik “Simpan” agar perubahan favicon pada blog Anda tersimpan.

Advertisement

Untuk mengeceknya, silahkan Anda buka tab baru dan tuliskan “namadomainanda.com

Cara Mengganti Favicon WordPress

Berbeda dengan pengaturan pada Blogger, dimana pengaturan blogger memiliki kemiripan pada semua penggunanya. Sedangkan pengaturan pada website atau blog yang menggunakan platform WordPress memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Pengaturan ini tergantung pada Theme yang mereka gunakan. Namun pada garis besarnya memiliki kesamaan dalam hal pengaturannya.

Untuk mengganti favicon pada blog wordpress sebenarnya juga cukup mudah. Silahkan Anda ikuti panduan disini cara untuk mengganti favicon pada wordpress.

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu login ke website atau blog yang ingin Anda ubah faviconnya.

Setelah login ke WordPress, maka Anda akan masuk ke Dasbord WordPress. Kurang lebihnya tampilan akan mirip seperti gambar diatas. Silahkan Anda pilih menu “Appearance” di sebelah kiri.

Jika pengaturan website menggunakan Bahasa Indonesia, silahkan Anda sesuaikan sendiri.

Pada bagian Appearance ini, silahkan Anda pilih pada bagian “Customize”
Setelah itu, Anda akan dibawa secara otomatis ke tampilan pengaturan tema.

Pada menu “Customize” Silahkan Anda cari pada bagian “Site Identity”
Site Identity ini memiliki macam-macam pengaturan, seperti Site Title, Tagline dan Site Icon.

Silahkan Anda pilih pada bagian “Select site icon”

Advertisement

Setelah itu, Anda akan dibawa ke menu pemilihan gambar. Jika Anda belum mengunggah gambar yang akan dijadikan favicon, silahkan Anda unggah gambar tersebut terlebih dahulu.

Jika sudah, silahkan Anda pilih gambar yang sudah ditentukan, kemudian pilih “Select” pada sudut kanan bawah.

Jika dimensi dari gambar terlalu besar, nantinya akan dilakukan pemotongan, disini saya menggunakan gambar dengan panjang dan lebar 512px. Silahkan Anda potong sesuai dengan keinginan Anda. Jika sudah, silahkan Anda klik pada bagian “Crop image” di sudut kanan bawah.

Kemudian, Anda akan dibawa ke menu Site Identity, jika posisi favicon sudah sesuai seperti priview di sebelah kiri. Untuk menyimpan pengaturan tadi, silahkan Anda pilih publish. Namun jika potongan gambar belum sesuai dengan keinginan Anda. Silahkan Anda klik Remove atau Change Image.

Apakah Anda sudah berhasil mengganti Favicon blog atau website yang Anda kelola? Mudah sekali untuk mengubah Favicon, semua tergantung dengan niat. Terima Kasih Sudah menyempatkan membaca di blog saya.

Advertisement

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *