Cara Mengganti Nama Domain Agar Trafik Tidak Turun

Cara Mengganti Nama Domain Agar Trafik Tidak Turun

DheVilz Com – Banyak para blogger yang tidak menyadari betapa pentingnya memberi tahu bot Google ketika mereka mengganti nama domain. Ketika Anda mengganti domain, ada langkah penting yang biasanya dilupakan oleh para pemilik Blog. Yaitu memberi tahu Google bahwa alamat domainlama.com telah berganti menjadi domainbaru.com.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu Anda bagaimana caranya memberi tahu Bot Google bahwa alamat situs telah diganti menjadi domain baru.

Advertisement

Kenapa Anda harus mengubah domainlama.com ke domainbaru.com?

1. Ingin Melakukan Branding

Beberapa orang mungkin ingin memiliki alamat website yang memiliki ciri khas sendiri, memiliki nama brand yang berbeda dan tidak ada kesamaan dengan milik orang lain merupakan kepuasan tersendiri bagi sebagian orang.

Hal tersebut juga berlaku bagi saya, saya memilih menggunakan domain dhevilz.com sebagai branding dari blog saya. Jika seseorang mengetik nama dhevilz, maka blog inilah yang akan muncul nantinya.

Sebagian orang ketika ingin memulai membuat blog terkadang hanya asal-asalan ketika memilih domain, dan ketika blog sudah mulai jalan dan mulai menghasilkan, terbesit dibenak Anda untuk mengganti nama domain yang lebih mudah untuk diingat.

2. Ekstensi Domain

Kebanyakan blogger baru sering tergiur dengan harga domain yang murah. Misalnya saja domain .xyz yang harganya hanya 9.900 atau domain .tech yang harganya 15.000an, namun tidak teliti untuk harga perpanjangannya.

Domain murah tersebut biasanya merupakan harga promo untuk tahun pertama saja. Ketika memasuki tahun kedua atau ketika akan memperpanjang domain maka akan menjadi harga normal.

Hal inilah yang menjadi alasan untuk ganti domain, karena awal pembelian hanya 10.000-20.000 saja, namun ketika melakukan perpanjangan domain harganya bisa mencapai 150.000 hingga 250.000.

Kelebihan Memberitahu Bot Google

Kelebihan atau hal positif yang bisa Anda dapatkan ketika memberi tahu bot Google bahwa alamat situs Anda telah berganti menjadi domain baru yaitu:

1. Tidak Ada penurunan Trafik

Penurunan trafik biasanya terjadi ketika Anda mengubah alamat situs lama Anda menjadi alamat baru. Hal ini disebabkan karena Bot Google perlu mengenali bahwa situs Anda sudah melakukan perubahan alamat.

Advertisement

Ketika Anda memindahkan alamat lama ke alamat baru, berarti bot Google harus melakukan pengindeksan ulang. Jika kita tidak memberi tahu bot google tentang alamat baru tersebut, besar kemungkinan bot akan lama melakukan pengindeksan.

2. Tidak Terjadi Duplikat Konten

Duplikat konten merupakan hal yang buruk bagi situs Anda. Menampilkan konten yang isinya sama persis dengan perbedaan domain bisa memperburuk kualitas domain Anda.

Bila Anda tidak memberi tahu Bot Google, maka konten Anda akan muncul dua kali, yaitu konten dengan domain lama dan satunya dengan domain baru Anda.

Namun, bila Anda memberi tahu Bot Google tentang pengalihan domain lama, maka alamat domain lama Anda akan otomatis digantikan dengan alamat domain baru, sehingga terhindar dari duplikat konten.

Persiapan

Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu untuk memulai pemindahan domain lama ke domain baru.

1. Menyiapkan Domain Baru

Hal utama yang harus Anda siapkan yaitu membeli domain baru. Anda tidak bisa mengubah alamat domain Anda sesuka hati. Anda harus mencari nama domain beserta ekstensi domain yang masih tersedia.

Biasanya domain dengan ekstensi .com susah untuk mendapatkan domain dengan karakter pendek, karena domain ini merupakan domain yang paling popular untuk digunakan.

Jika nama domain yang Anda cari tidak tersedia untuk ektensi .com, mungkin Anda bisa mencoba dengan ekstensi .net atau .id. Sebenarnya tidak ada permasalahan untuk pemilihan ekstensi domain. Namun, lazimnya orang akan mengetik alamat dengan ektensi .com.

Sebagai contoh, ketika orang mengetahui situs “DheVilz” maka orang akan mengetikkan nama dipencarian seperti “dhevilz” ataupun “dhevilz.com”. Jarang orang akan mencari dengan ekstensi “dhevilz.me” ataupun “dhevilz.id”

Berbeda jika Anda menggunakan subdomain dari blogspot.com atau wordpress.com. Jika Anda menggunakan subdomain dari platform tersebut, Anda tidak perlu membeli domain baru, cukup dengan mengganti alamat sesuai dengan keinginan dan ketersediaan.

Advertisement

2. Memerlukan Akun Webmaster Tools

Google Webmaster Tools atau yang sekarang dikenal sebagai Google Search Console adalah alat yang disediakan secara gratis oleh Google untuk membantu mempermudah para pemilik website. Google Webmaster Tools ini bisa digunakan untuk mengetahui kata kunci website Anda dan mengetahui artikel mana saja yang mendatangkan banyak trafik. Selain itu alat ini juga bisa mengetahui backlink-backlink yang dimiliki oleh website Anda.

Tentu saja masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan setelah mendaftarkan website ke Google Webmaster Tools.

Untuk mengganti alamat situs, Anda perlu mendaftarkan kedua domain Anda ke Google Webmaster Tools. Silahkan Anda tambahkan domainlama.com dan domainbaru.com ke Google Search Console.

Langkah-langkah Memberi Tahu Bot Google

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pengiriman sinyal agar bot Google mengetahui bahwa situs domainlama.com telah dipindahkan ke domainbaru.com

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengunjungi Google Webmaster Tools. Untuk membuka Google Webmaster Tools silahkan Anda buka link berikut ini.

https://search.google.com/search-console
Cara Mengganti Nama Domain Agar Trafik Tidak Turun

Bila Anda sudah memiliki Akun Google Webmaster Tools, maka tampilan akan seperti gambar di Atas. Di sebelah pojok kiri atas akan tertera nama domain yang sudah Anda daftarkan di Google Webmaster Tools.

Cara Mengganti Nama Domain Agar Trafik Tidak Turun

Untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya, silahkan Anda klik pada bagian Setelan

Cara Mengganti Nama Domain Agar Trafik Tidak Turun

Setelah tampilan menu Setelan telah tampil, silahkan Anda pilih pada bagian Per ubahan Alamat

Advertisement
seperti gambar di Atas.

Cara Mengganti Nama Domain Agar Trafik Tidak Turun

Jangan lupa untuk memeriksa apakah domain lama yang ingin di pindahkan sudah sesuai atau belum. Disini saya menggunakan domain dhevilz.tech sebagai domain lama saya.

Jika di pojok kiri atas bukan domain lama Anda silahkan Anda ubah terlebih dahulu. Silahkan klik nama domain di pojok kiri atas, maka daftar domain yang sudah Anda daftarkan di Google Webmaster Tools akan muncul. Kemudian pilih domain yang akan dipindah atau akan di alihkan.

Cara Mengganti Nama Domain Agar Trafik Tidak Turun

Setelah domain lama (disini dhevilz.tech) sudah di atur, sekarang Anda pindah ke bagian tengah. Silahkan Anda pilih domain baru yang akan menjadi target pemindahan domain.

Pada tutorial kali ini, domain baru yang saya gunakan yaitu dhevilz.id. Sehingga pada gambar bagian dhevilz.id, silahkan Anda pilih dengan domain baru yang Anda miliki.

Cara Mengganti Nama Domain Agar Trafik Tidak Turun

Setelah domain lama dan domain baru dirasa benar, silahkan Anda klik pada bagian Validasi Update.

Tunggu beberapa saat agar Google Webmaster Tools memvalidasi perpindahan domain. Proses ini biasanya memakan waktu 1 sampai 5 menit saja.

Cara Mengganti Nama Domain Agar Trafik Tidak Turun
Cara Mengganti Nama Domain Agar Trafik Tidak Turun

Setelah proses Validasi selesai, maka akan muncul tampilan seperti di Atas. Terdapat pernyataan Lulus Validasi yang menyatakan bahwa Validasi telah berhasil dilakukan.

Terdapat pula keterangan dibawahnya yaitu domain dhevilz.tech diarahkan (dengan anak panah) ke domain dhevilz.id

Setelah muncul Pesan validasi berhasil, silahkan Anda pilih pada bagian Konfirmasi Pemindahan. Langkah selanjutnya yaitu menunggu alamat domain lama Anda berubah menjadi domain baru. Proses ini bisa memakan waktu 1 sampai 3 bulan tergantung berapa banyak jumlah artikel yang Anda miliki.

Apakah Anda berniat untuk memindahkan domain lama ke domain baru?

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *