8 Cara Mudah Menghubungkan Domain ke Cloudflare untuk Pemula

8 Cara Mudah Menghubungkan Domain ke Cloudflare untuk Pemula

Advertisement

DheVilz Com – Cloudflare dikenal sebagai penyedia layanan gratis yang memiliki beragam fitur gratis untuk para penggunanya. Cloudflare menyediakan jaringan pengiriman konten yang berada pada level proxy antara website dan visitor.

Cloudflare akan menyediakan konten website anda dari berbagai server yang dimiliki oleh Cloudflare. Cara kerja dari Cloudflare sendiri yaitu menyediakan konten dari server terdekat dilihat dari pengakses atau visitor website. Dengan adanya Cloudflare ini, pendistribusian konten statis website Anda dapat dimuat lebih cepat dari negara manapun, tergantung dari mana asal visitor tersebut.

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara menghubungkan domain ke Cloudflare, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu manfaat dari penggunaan Cloudflare.

Manfaat Menggunakan CDN Cloudflare

Memperingan Server

Keuntungan yang pertama bagi blogger yang menggunakan CDN Cloudflare yaitu dapat meringankan kinerja server. Jika server yang anda gunakan sudah mencapai limit resource, anda bisa mencoba menggunakan Cloudflare untuk mengatasi beban server tersebut. Karena, dengan mengaktifkan CDN Cloudflare, konten statis seperti css, js, gambar, vidio dan lain-lain akan disajikan melalui server milik cloudflare.

Selain menyajikan konten dari server cloudflare, CDN Cloudflare juga memiliki fitur untuk melakukan minify seperti html, css dan js, sehingga website dapat diakses lebih cepat.

Menyediakan SSL Secara Gratis

Selain menyediakan CDN untuk website, pihak Cloudflare juga menyediakan SSL secara gratis. Dengan menggunakan SSL gratis dari Cloudflare ini tentunya akan menghemat pengeluaran Anda, dibandingkan dengan membeli SSL pertahun yang lumayan mahal.

SSL ini dapat Anda aktifkan dengan mudah melalui dasbord Cloudflare. Jika dirasa website Anda tidak membutuhkan SSL dari Cloudflare, Anda juga dapat menonaktifkan SSL dari Cloudflare ini dengan satu kali klik saja.

Menyembunyikan IP

Menyembunyikan Alamat IP server juga merupakan fitur gratis dari CDN Cloudflare yang tidak kalah penting. Dengan mengaktifkan CDN Cloudflare, maka IP yang disediakan untuk website merupakan IP server yang dimiliki oleh Cloudflare. Sehingga IP anda tidak akan terlihat oleh publik.

Jika IP Anda tersembunyi maka server yang anda miliki akan aman dari serangan DDOS. Terkadang, ada orang yang iseng dan jahil dengan melakukan DDOS ke blog yang kita miliki, sehingga website kita down dan tidak dapat di Akses. Namun, dengan pengguanaan CDN Cloudflare, server Anda akan aman dari serangan DDOS.

Advertisement

Blokir IP

Dengan mengaktifkan CDN dari Cloudflare, Anda dapat memblokir IP address tertentu pada dasbord cloudflare. Anda juga dapat memblokir visitor berdasarkan negara.

Untuk keamanan, Anda dapat memblokir negara-negara yang terkenal sering digunakan untuk melakukan DDOS, sehingga web anda akan aman dari serangan DDOS.

Selain itu, dengan mengaktifkan CDN Cloudflare, website Anda akan lebih aman dari bot-bot yang kurang baik untuk blog anda. Pihak Cloudflare menggunakan data dari pihak ketiga untuk mengidentifikasi apakah bot tersebut aman bagi website atau tidak.

Proses Propagasi Cepat

Cloudflare dikenal dengan layanan gratis yang memberikan proses propagasi domain tergolong cepat. Dengan proses propagasi domain yang cepat, Anda tidak akan terlalu pusing untuk memikirkan downtime saat melakukan perpindahan server.

Dengan proses propagasi domain yang cepat ini, Anda juga tidak perlu takut akan kehilangan visitor yang disebabkan blog tidak dapat diakses sementara ketika melakukan perpindahan server.

Browsing Mode Offline

Ketika server yang Anda gunakan mati atau terdapat gangguan, visitor yang masih bisa mengunjungi website Anda selama cache yang ada di server Cloudflare masih tersedia.

Setelah Anda mengetahui kelebihan dari penggunaan CDN Cloudflare, mari kita lanjutkan ke tahap pemasangan domain ke cloudflare.

Cara Menghubungkan Domain ke Cloudflare

Untuk mengarahkan domain ke Cloudflare, hal pertama yang harus Anda pastikan adalah domain sudah dalam keadaaan Aktif. Setelah domain Anda aktif, Anda dapat mengangakses dasbord Cloudflare untuk melakukan pendaftaran secara gratis. Silahkan anda kunjungi website Cloudflare dibawah ini.

https://www.cloudflare.com/

Setelah Anda mengunjungi website Cloudflare, maka Anda akan melihat tampilan seperti gambar diatas. Silahkan Anda klik Sign Up untuk melanjutkan ke proses pendaftaran.

Silahkan Anda lanjutkan ke pengisian email dan password. Pada bagian email, silahkan Anda isikan alamat email Anda yang masih aktif. Hal ini diperlukan apabila sewaktu-waktu Anda lupa password untuk login ke dasbord Cloudflare.

Advertisement

Pada bagian password, silahkan Anda isikan sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan pasword minimal memiliki 8 karakter, selain itu kombinasikan pasword dengan menggunakan huruf besar ataupun kecil dan menggunakan karakter spesial.

Setelah selesai dalam pendaftaran email dan password, Anda akan dibawa kedasbord untuk menambahkan domain. Silahkan Anda masukkan domain yang sudah Anda miliki. Disini saya menggunakan domain img.dhevilz.com

Setelah pengisian nama domain selesai, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu pemilihan paket. Jika trafik yang Anda miliki masih sedikit, Anda bisa mencoba untuk menggunakan paket gratis yang disediakan oleh Cloudflare. Sehingga Anda tidak perlu dipusingkan dengan tagihan bulanan.

Langkah selanjutnya untuk menggunakan CDN Cloudflare yaitu mengubah setingan yang ada pada domain. Silahkan hapus setingan yang dirasa tidak perlu. Untuk menghapus silahkan pilih pada logo X setelah itu akan muncul popup konfirmasi, silahkan pilih OK.

Pada setingan kali ini, saya mengarahkan domain ke server dengan menggunakan IP server. IP server bisa anda lihat pada email saat pembelian server/hosting.

Untuk mengarahkan domain ke server silahkan pilih A record seperti gambar di atas. Pada bagian Nama silahkan Anda isikan dengan ” @ ” atau bisa juga Anda isi dengan nama domain yang Anda miliki. Sedangkan pada bagian IPv4 address silahkan Anda isi dengan IP server yang Anda dapatkan ketika membeli server/hosting.

Pastikan logo awan disamping tulisan Add Record berwarna kuning, dengan logo awan berwarna kuning tersebut menandakan bahwa CDN Cloudflare berstatus Aktif.

Jika setingan dirasa sudah selesai, silahkan klik Add Record

Langkah Selanjutnya yaitu Anda akan dibawa ke daftar nameserver yang Anda miliki. Pada bagian Atas merupakan nameserver domain lama Anda. Silahkan Anda ubah nameserver domain dengan nameserver baru yang Anda dapatkan dari Cloudflare.

Advertisement

Pada contoh diatas, nameserver yang saya dapatkan dari Cloudflare yaitu ada.ns.cloudflare.com dan colin.ns.cloudflare.com

Untuk pengubahan nameserver, silahkan Anda login ke penyedia domain yang Anda miliki.

Pada bagian Nameserver silahkan Anda ubah nameserver 1 dan nameserver 2 seperti yang ada pada dasbord Cloudflare.

Setelah nameserver berhasil di ubah, silahkan anda kembali ke dasbord Cloudflare, dan klik pada bagian Done, check nameservers.

Langkah selanjutnya, yaitu pemilihan SSL/TLS, jika Anda sudah memiliki SSL pada server, Anda dapat memilih off pada bagian SSL. Jika Anda tidak memiliki SSL silahkan Anda pilih Flexible.

Setelah itu gulir kebawah, dan klik lanjutkan.

Silahkan Anda tunggu hingga domain aktif pada dasbrod Cloudflare.

Jika domain Anda sudah Aktif, maka tampilan pada dasbord Cloufdlare akan seperti gambar di atas. Silahkan Anda klik pada nama domain anda untuk menseting lebih lanjut.

Jangan lupa untuk memverifikasi alamat email yang Anda gunakan pada saat pendaftaran tadi.

Cara Menghapus Domain di Cloudflare

Jika Anda tidak ingin menggunakan Cloudflare lagi dan ingin menghapus domain Anda dari dasbord Cloudflare. Silahkan Anda ikuti langkah berikut ini.

Masuk pada menu Overview di dasbord Cloudflare. Setelah itu silahkan Anda gulir kebawah hingga muncul menu Advanced Action.

Silahkan Anda pilih pada bagian Remove Site from Cloudflare. Setelah itu Akan muncul popup notifikasi seperti berikut ini.

Silahkan Anda klik konfirmasi jika Anda merasa nama domain yang ingin dihapus sudah benar.

Jadi, setelah Anda mengetahui kelebihan penggunaan Cloudflare, apakah Anda memutuskan untuk menggunakan CDN gratis dari Cloudflare? Berikan komentar Anda setelah Anda menggunakan CDN Cloudflare.

Advertisement

2 Comments

  1. Domain yang tidak dihapus dari cloudflare apa nanti bisa jadi masalah?

    1. Author

      Tidak akan bermasalah. karena ketika nameserver tidak mengarah ke akun cloudflare yang ada domainnya, maka setingan di cloudflare tidak akan berjalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *