4 Cara Mudah Diterima Google Adsense Terbaru

4 Cara Mudah Diterima Google Adsense Terbaru

Advertisement

DheVilz Com – Salah satu cara untuk menghasilkan uang melalui internet yaitu dengan bekerja sama melalui jaringan iklan Google Adsense. Anda bisa menautkan google Adsense dengan blog ataupun dengan youtube untuk menghasilkan uang.

Namun, untuk menghasilkan uang melalui Google Adsense cukup sulit. Terkadang beberapa orang terhalang untuk mendapatkan uang dari Adsense pada tahap pendaftarannya. Ya karena pendaftaran untuk bisa bekerja sama dengan Google Adsense sekarang cukup sulit. Berbeda dengan pendaftaran pada dua hingga tiga tahun terakhir yang masih tergolong mudah.

Dengan diperketatnya proses peninjauan ini bisa saja disebabkan karena maraknya penjualan akun Google Adsense dimasanya, sehingga blog yang belum layak dan belum masuk kriteria Google Adsense bisa lolos dari peninjauan.

Selain itu, demi kelancaran dan menjaga agar para pengiklan tidak dirugikan dengan adanya para blogger atau youtuber yang bermain curang, sehingga proses penerimaan Google Adsense sedikit dipersulit.

Kenapa Harus Google Adsense?

Mungkin banyak dari Anda semua yang bertanya-tanya, kenapa harus menggunakan Google Adsense? Padahal diluar sana ada banyak sekali jaringan periklanan selain Adsense.

Berikut ini beberapa alasan saya menggunakan Google Adsense

  1. Nilai iklan yang cenderung lebih tinggi
    Nilai iklan pada Adsense lebih tinggi dibandingkan dengan penyedia iklan lain. Bisa dikatakan juga bahwasanya iklan dari Adsense ini merupakan iklan yang paling tinggi nilai per kliknya dibandingkan dengan pengiklan lain. Namun hal ini juga bisa berbeda-beda antara blog saya dengan blog yang Anda miliki.
  2. Konten-konten iklan yang lebih ramah
    Iklan yang tampil haruslah nyaman dilihat untuk para visitor blog saya. Saya sebagai penulis blog juga harus mempertimbangkan isi dan juga iklan yang ada pada blog saya. Jika saya merasa blog dan iklan sesuai dan pantas, maka kemungkinan besar ketika orang lain mengunjungi blog saya, pengunjung tersebut akan betah seperti apa yang saya rasakan. Karena terkadang ada beberapa penyedia iklan yang menampilkan gambar-gambar iklan yang menurut saya kurang sedap untuk dipandang.
  3. Iklan yang sesuai dengan isi konten.
    Nah ini juga tidak kalah penting, iklan yang sesuai dengan isi konten akan membuat orang/pengunjung tertarik untuk melihat apa yang di iklankan pada blog Anda. Misalnya saja Blog otomotif akan menampilkan iklan seperti bengkel berkualitas, promo potongan harga pembelian motor atau mobil, promo harga ban dan sebagainya. Kebanyakan iklan akan sesuai dengan isi blog kita.

    Terkadang ada penyedia iklan selain adsense menampilkan iklan yang kurang relevan dengan konten yang kita sajikan. Bahkan yang lebih buruk, iklan yang tayang semuanya sama. Pada blog otomotif, iklan yang muncul adalah promo obat herbal, pada blog lain misalnya saja blog yang membahas teknologi, tetapi iklan yang muncul masih sama yaitu iklan obat herbal. Ini kurang sesuai dan bisa jadi menurunkan pendapatan blog Anda.
  4. Satu kode bisa untuk berbagai macam iklan.
    Pada sistem adsense, iklan untuk CPC atau Cost Per Click dan iklan CPM atau Cost Per seribu tayangan memiliki kode yang sama.

    Terkadang, ada iklan yang membedakan kode iklan antara CPM dan CPC, sehingga menurut saya ini akan menurnkan pendapatan kita. Bahkan kadang ada pengiklan yang hanya menyediakan salah satu saja, yaitu CPM saja ataupun CPC saja. Namun semua itu kembali lagi ke niche blog masing-masing, karena terkadang berbeda orang dan berbeda pula niche blog yang dimiliki, berbeda pula hasilnya.
  5. Iklan Adsense lebih bersih.
    Apa maksud dari kata bersih disini? Maksudnya yaitu iklan adsense lebih sedikit menampilkan iklan-iklan yang dirasa kurang pantas untuk anak-anak dibawah umur. Hanya beberapa saja yang kadang terlewatkan oleh peninjauan Adsense. Iklan seperti itu tidak akan tayang lama di Adsense dan pastinya akan di block oleh Adsense.

    Pengalaman ini saya dapati pada tahun 2018 yang lalu, ketika salah satu blog saya kedapatan menampilkan iklan yang berisikan konten yang kurang enak dipandang. Namun semakin kesini, semakin baik kontrol dari Google Adsense sehingga saya sudah tidak menjumpai iklan yang kurang atau tidak pantas.
  6. Advertisement
  7. Tanpa Visitor.
    Ini juga menjadi kelebihan tersendiri, Adsense tidak membatasi berapa jumlah visitor minimal perhari agar diterima oleh Google Adsense. Hal ini cocok dengan para blogger baru yang lebih suka menulis jika iklan di blog sudah tampil. Terkadang ada beberapa blogger yang tidak semangat menulis konten ketika blog belum menampilkan iklan.

Kekurangan Google Adsense

Sebenarnya kekurangan yang saya tulis disini bukan sepenuhnya menjadi kekurangan dari Google Adsense, melainkan seperti tantangan-tantangan para publisher atau blogger untuk diterima Google Adsense. Atau mungkin bisa juga disebut sebagai ketentuan Google Adsense yang menjadi musuh bagi para penulis blog.

1. Add Site Google Adsense

Pada akhir 2018, Google Adsense merubah sistem Add Site dari yang awalnya tanpa peninjauan dan kemudian mengubah sistem menjadi peninjauan untuk semua pengajuan domain baru.

Hal ini dilakukan untuk melindungi para pengiklan agar mereka tidak merasa dirugikan. Sekaligus untuk mengontrol agar semua situs yang menayangkan iklan Adsense merupakan situs yang layak. Jadi ini bisa dikatakan bukan kekurangan dari Adsense, karena kebanyakan penyedia iklan menerapkan sistem ini. Namun, sistem ini dikeluhkan oleh banyak blogger diawal penerapan sistem baru ini.

2. Konten

Adsense tidak serta merta menerima semua niche blog. Ada beberapa niche blog yang tidak akan diterima Adsense walaupun blog itu memiliki ribuan visitor perhari. Isi konten ini menjadi penting bagi blogger yang menginginkan untuk memonetisasi blognya menggunakan Adsense.

Konten apa saja yang tidak diterima Adsense?
Adsense tidak menerima blog terutama yang menampilkan konten-konten penyalahgunaan hak cipta. Misalnya saja blog download mp3, blog download anime, blog download drakor, blog download aplikasi berbayar, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda baca ketentuan yang ada pada Google Adsense.

Untuk membaca ketentuan tersebut, Anda bisa membacanya disini. Google Publisher Restrictions.

3. Akun

Google Adsense membatasi jumlah akun yang dapat dimiliki secara perorangan. Maksudnya, Adsense hanya memperbolehkan satu orang memiliki satu akun Google Adsense saja. Jika Anda sudah memiliki akun Google Adsense dan ingin mendaftarkan blog lain dengan akun Google Adsense yang berbeda, maka Anda akan mendapatkan balasan bahwa Anda sudah memiliki akun Google Adsense yang lain.

Untuk mengatasi hal tersebut, Adsense sudah memberikan kemudahan yaitu satu akun Google Adsense bisa digunakan untuk 500 blog yang berbeda. Saya rasa jumlah 500 itu sudah sangat banyak, jadi satu akun Google Adsense saja sudah lebih dari cukup.

Jika Anda memiliki akun Adsense yang sudah di blokir karena beberapa alasan dan ingin mendaftarkan menjadi penayang iklan Google Adsense lagi, Anda harus menggunakan nama, alamat dan nomor telepon yang berbeda agar tidak terdeteksi memiliki akun Adsense ganda. Atau cara lain jika Anda memiliki akses masuk ke dasbord Adsense yang lama, Anda bisa membatalkan atau menonaktifkan Akun lama tersebut, dan mencoba dengan mendaftarkan kembali dengan data-data yang sama.

Namun jika Anda di banned oleh Google Adsense karena pelanggaran konten, dan ingin mendaftrakan blog yang sama dengan akun yang berbeda. Saya sarankan Anda untuk mengurungkan niat tersebut. Karena, jika blog Anda diterima oleh Google Adsense, maka kemungkinan besar juga akan dibanned kembali di lain waktu.

4. Domain

Sebenarnya Adsense tidak mempermasalahkan blog yang menggunakan domain gratis seperti contohdomain.blogspot.com, namun akhir-akhir ini kebijakan baru diterapkan oleh Google Adsense, sehingga pengguna domain gratis dengan ekstensi blogspot.com sedikit kesusahan untuk mendaftar pada Google Adsense.

Jika beberapa tahun yang lalu, pengguna domain gratisan bisa langsung mendaftarkan ke Adsense jika tab menu Earning sudah muncul. Tetapi sekarang jika tab earning sudah munculpun, belum tentu bisa mendaftarkan blognya di Adsense. Anda masih harus menunggu beberapa bulan agar blog bisa sesuai dengan kriteria Google Adsense dan bisa mendaftarkannya.

Namun, terkadang ada blogger yang tidak sabaran untuk menunggu sampai blognya di blogspot.com bisa di monetisasi oleh Adsense. Oleh sebab itu, untuk mempercepat agar blog bisa didaftarkan di Adsense ada beberapa tipsnya.

Advertisement

Caranya yaitu dengan membeli domain di layanan penyedia domain. Jika Anda sudah memiliki domain dan telah dihubungkan ke blogspot.com, Anda tidak perlu menunggu lama untuk melakukan monetisasi.

Untuk mencobanya, Anda dapat membeli domain murah yang sedang promo seperti domain my.id yang harganya hanya Rp 10.000 pertahun. Beberapa bulan yang lalu, domain My.id ini tidak dapat didaftarkan di Google Adsense, Namun seiring waktu dan berubahnya kebijakan, kini domain my.id bisa didaftarkan di Adsense.

Perlu diketahui untuk blogger pemula, ada beberapa hal yang harus Anda ingat. Jika Anda ingin memonetisasi blog yang menggunakan domain gratisan seperti domainanda.blogspot.com, blog dengan domain ini hanya bisa didaftarkan melalui dasbord di Blogspot pada tab Earning seperti gambar yang saya tautkan diatas.

Namun, jika Anda menggunakan domain berbayar seperti dhevilz.com, dan sebagainya Anda harus mendaftar melalui web Adsense secara langsung.

Anda bisa melakukan pencarian di Google dengan keyword “Google Adsense” atau bisa juga dengan mendaftar melalui link berikut ini:

https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/

Itulah perbedaan yang perlu Anda ketahui ketika ingin mendaftarkan blog di Adsense.

Cara Mudah Mendaftar Google Adsense

Jika Anda belum memiliki Akun, Silahkan Anda mendaftar terlebih dahulu melalui link berikut ini.

https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/

Silahkan Anda klik login pada dasbord Google Adsense jika Anda sudah memiliki akun Adsense, atau klik Mulai jika Anda belum memiliki Google Adsense.

Pada kolom Your Website, silahkan Anda isikan dengan domain TLD yang sudah anda miliki. Kemudian untuk email, silahkan Anda isi dengan email yang masih Aktif, disini kenapa menggunakan email yang masih aktif yaitu untuk alasan keamanan. Nantinya email tersebut akan digunakan untuk mengelola Akun Adsense yang anda miliki, termasuk juga untuk mengelola pembayaran Adsense nantinya.

Sedangkan untuk Get helpful AdSense info at that email address silahkan Anda pilih Yes, jika Anda ingin berlangganan email pembaruan dan tips dari Adsense. Pilih No jika tidak ingin berlangganan email dari Adsense.

Silahkan klik Save and Continue untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Pada tahap selanjutnya, Anda harus login pada email yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar di Google Adsense, Silahkan Anda Login di email tersebut.

Setelah itu, Anda harus memilih negara tempat Anda sekarang berada. Pastikan Anda memilih negara yang sedang Anda tempati. Karena, nantinya pihak Google Akan mengirimkan PIN konfirmasi ke alamat yang tertulis di dalam Adsense.

Selanjutnya isi data diri Anda. Nama, Gunakan nama Asli Anda, hal ini juga penting untuk kelancaran pengiriman PIN Anda di kemudian hari. PIN biasanya akan dikirim jika saldo Anda sudah mencapai Ambang batas minimum.

Jika data diri yang Anda isikan dirasa sudah benar, silahkan pilih Kirim pada bagian bawah

Silahkan Anda kopi kode Adsense (angka 1 pada gambar) dan letakkan kode tersebut di theme pada blog Anda. Kode di letakkan diantara tag <head> dan <head/>

Jika sudah selesai, silahkan ceklis pada kolom persetujuan. Setelah itu pencet Done.

Selesai.

Selanjutnya kita akan membahas tentang, cara supaya diterima Adsense dengan mudah.

Cara Diterima Google Adsense

Baik, selanjutnya masuk ke inti pembahasan tentang cara agar mudah diterima google adsense. Google Adsense sebenarnya tidak mempersulit para calon publishernya, namun sebenarnya calon publisher itu sendiri yang mempersulit dirinya. Kenapa saya mengatakan demikian?

Pada dasarnya, semua yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan bergabung dengan Google Adsense itu sendiri sudah ditulis dengan jelas di laman google. Namun para calon publisher enggan untuk membacanya. Bahkan terkadang, ada yang memiliki blog atau website yang sudah jelas dilarang oleh Adsense namun tetap melanjutkan untuk mencoba peruntungannya di Adsense.

Dengan modal nekat tersebut, besar kemungkinan akan ditolak oleh Adsense. Namun kali ini saya akan menulis tips dan triknya, supaya anda lebih mudah untuk diterima oleh Google Adsense.

1. Pastikan Blog Sudah di Index

Banyak para pemula yang sedang memulai bermain blog tetapi langsung ingin memiliki pendapatan dari Adsense. Padahal semua harus melalui proses. Tidak ada yang instan dalam dunia blog. Semua butuh percobaan trial dan eror.

Advertisement

Untuk memastikan blog sudah diindex, blog minimal 2 bulan sampai 3 bulan. Untuk memastikan semua blog sudah diindex Google, silahkan anda cek dengan cara berikut ini.

site:domainanda.com

Pastikan untuk mengganti nama domainanda.com dengan domain yang anda miliki. Setelah Anda melihat blog yang sudah diindex, pastikan semua artikel yang ada di blog milik Anda muncul di sana.

Jika banyak artikel Anda yang sudah muncul, berarti Anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.

2. Gunakan tema atau template yang simpel

Banyak orang menggunakan tema atau template blog yang menggunakan banyak fitur, sehingga pengunjung akan bingung dengan tampilan tema blog Anda. Untuk itu, Anda seharusnya merubah tampilan blog sesimpel dan seminimal mungkin.

Karena Google suka dengan blog yang tidak membingungkan. Seharusnya anda mendesain tema yang simpel dan enak untuk dilihat, sehingga pengunjung pun akan betah dengan blog Anda.

Ini untuk peninjauan saja, setelah Anda diterima Google Adsense, Anda bisa merubah tampilan blog sesuai dengan keinginan Anda. Namun saya sarankan agar tampilan setelah diterima Google Adsense tetap simpel agar mudah untuk mendatangkan visitor dikemudian hari.

Selain itu, jangan buat tampilan iklan yang melanggar ketentuan google Adsense. Jangan menampilkan iklan terlalu banyak pada sebuah halaman, maksimal 7 iklan dalam satu halaman. Namun juga tergantung dari berapa panjang dan berapa banyak kata yang ada pada artikel tersebut.

3. Navigasi Blog Jelas

Ini yang tidak kalah penting, blog yang akan didaftarkan adsense haruslah memiliki sistem navigasi yang jelas. Kebanyakan blogger baru tidak memasang navigasi ini dengan jelas. Untuk itu, Anda perlu memasang navigasi ini di tempat yang mudah untuk dilihat.

Anda dapat memasang navigasi blog seperti About, Contact dan Privasi Policy. Navigasi tersebut bisa anda tampilkan dibagian atas(header) blog atau dibagian bawah(footer) blog. Jangan tampilkan navigasi blog pada bagian sidebar. Sidebar blog dapat anda pasang recent post atau popular post.

Untuk sidebar selain menampilkan popular post atau recent post, Anda juga bisa menampilkan kolom pencarian dibagian paling atas sidebar.

4. Konten Jelas

Banyak orang yang tidak menyadari hal ini, namun inilah yang paling penting. Konten yang ada didalam blog Anda harus memiliki manfaat untuk orang lain. Jika konten yang disajikan didalam blog Anda tidak memiliki manfaat untuk banyak orang, kemungkinan besar blog Anda akan ditolak oleh Google Adsense ketika melakukan pengajuan.

Selain itu, pada bagian judul artikel Anda harus menuliskan dengan jelas isi dari artikel tersebut. Jangan membuat judul dengan metode click bait. Karena metode ini dipandang kurang bagus bagi Adsense, dan nantinya Anda akan mendapatkan penolakan dengan Alasan Konten Menyesatkan.

Untuk mendaftar pada Adsense, pastikan Anda memiliki artikel yang cukup untuk ditinjau pihak Google. Saran saya, pastikan Anda memiliki konten minimal 20, lebih banyak maka akan lebih bagus dimata Google Adsense. Namun jangan lupa, tulislah konten yang berkualitas.

Mungkin itu saja yang dapat saya tulis tentang cara mudah diterima Google Adsense, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang melakukan peninjauan Adsense. Pesan dari saya, tetap semangat menulis konten walaupun belum diterima Google Adsene. Terima kasih telah berkunjung di blog saya.

Advertisement

18 Comments

  1. Terima kasih tipsnya gan, saya coba dulu, semoga bisa di acc

      1. Mantap gan, blog gado2 saya di terima adsense pake cara ini

  2. Terima kasih min, tutorial adsensenya panjang banget dan mudah dipahami. Ijin praktek ya min? Semoga pake cara ini bisa di terima adsense.

    Sukses terus blognya min!!

    1. Author

      Terima kasis sudah membaca artikel saya kak, semoga segera diterima adsense ya.. semangat kak

  3. Terima kasih banyak gan, semoga saya bisa diterima adsense

    1. Author

      Sama-sama kak, semoga cepat diterima adsensenya..

  4. Bener nih, blog saya visitor 50 per hari juga diterima adsense

    1. Author

      Mantap kak, tinggal naikin trafik biar penghasilan makin mantep

  5. Ini cara diterima adsensenya masih work gan?

    1. Author

      Masih kak, tutorial adsense ini saya praktekan pada bulan mei 2020 dan alhamdulillah bisa di acc

  6. Mantap huu, sukses terus blog sama adsensenya

  7. Bang, blog yang sudah pernah di tolak google adsense apakah bisa di daftarin lagi?

    1. Author

      Bisa kak, tapi yang pertama jangan lupa cek kesalahan blognya di dasbord adsense, terus yang kedua di perbaiki terlebih dahulu kesalahan tersebut, dan langkah ke tiga baru blognya di ajuin lagi ya …

  8. Terima kasih ilmunya gan, sangat bermanfaat

  9. Makasih min, ijin praktek yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *