Cara Mudah Mendapatkan Domain Gratis Eu.Org Aktif Selamanya

DheVilz – Berbicara tentang domain gratis, pastinya banyak diantara Anda yang tertarik untuk mengetahui cara mendapatkan domain gratis yang aktif selamanya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial cara mudah mendapatkan domain gratis selamanya.

Anda akan mendapatkan domain gratis dengan ektensi eu.org. Dalam penyediaan layanan domain gratis, layanan ini telah berjalan sejak tahun 1996. Sehingga domain ini sudah memiliki kepercayaan tersendiri dalam layanan penyedia domain gratis

Advertisement
.

Untuk mendapatkan domain gratis eu.org ini sendiri juga tergolong cukup mudah. Tidak perlu keahlian khusus untuk mendapatkan domain ini. Selama ketersediaan domain masih ada, maka Anda dapat mendaftarkan nama domain tersebut.

Tentu saja, semua yang ada tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan. Sebelum membahas bagaimana cara mendapatkan domain gratis eu.org, maka akan saya berikan beberapa kelebihan dan kelemahan menggunakan domain ini.

Kelebihan Domain EU.Org

Pendaftaran Mudah

Pendaftaran domain EU.Org ini mudah untuk dilakukan, untuk pemula selaipun akan merasa mudah ketika mendaftarkan domain gratis EU.Org ini. Apalagi jika Anda menggunakan tutorial dari blog ini, pasti tidak akan kebingungan dalam mendapatkan domain ini.

Tanpa Biaya

Untuk memperoleh domain ini tanpa dilakukan pemungutan biaya. Biasanya terdapat penyedia layanan gratis yang memberikan persyaratan untuk membayar sejumlah uang, maka Anda dapat menikmati layanan yang diberikan. Tetapi pada layanan domain gratis dari EU.Org ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Dapat digunakan untuk Adsense

Bagi sebagian orang, membuat blog merupakan suatu pekerjaan untuk mencari pundi-pundi rupiah. Nah bagi Anda yang gemar membuat blog untuk mendapatkan uang, domain ini sangat cocok untuk Anda. Karena, domain ini dapat didaftarkan dan diterima oleh Google Adsense.

Fleksibel

Domain gratis dari EU.Org ini dapat di arahkan ke berbagai platform seperti blogspot dan wordpress. Sehingga Anda dapat menyesuaikan selera Anda untuk menggunakan platform mana yang akan digunakan.

Simpel

Dasbord menu domain yang ada sangat simpel. Sehingga tidak akan membingungkan pengguna domain gratis. Hal ini bisa jadi karena domain ini merupakan domain gratis, sehingga tidak terdapat banyak fitur yang disediakan. Cukup fitur-fitur yang dibutuhkan pengguna yang tersedia di dasbord ini.

Advertisement

Umur Panjang

Umumnya, jika Anda membeli domain di penyedia domain berbayar. Maka, Anda diharuskan untuk membayar domain setiap tahunnya. Tetapi pada domain EU.Org ini, tidak dibutuhkan perpanjangan domain. Selama Anda tidak melanggar ketentuan dari penyedia layanan, maka domain Anda bisa digunakan.

Baca:  4 Cara Mudah Diterima Google Adsense Terbaru

Tentu saja, dari sekian banyak kelebihan yang diberikan. Pasti akan ada kelemahannya. Berikut ini beberapa kelemahan yang ada.

Kelemahan Domain EU.Org

Penerimaan Domain Lama

Umumnya, proses penerimaan domain gratis dari EU.Org ini membutuhkan waktu 3 hari – 2 minggu. Namun Terkadang Anda membutuhkan waktu yang lebih lama agar domain bisa aktif. Hal ini merupakan hal wajar, mengingat layanan ini merupakan layanan gratis.

Umur Domain

Walaupun umur domain bisa selamanya, namun kita tidak akan tau kapan layanan domain gratis dari EU.Org ini akan tutup. Namun, selama domain masih eksis dan tidak melanggar tos. Maka domain masih bisa digunakan.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari domain gratis EU.Org ini. Selanjutnya akan saya bahas tentang cara mendapatkan domain gratis dari EU.Org.

Cara Mendapatkan Domain Gratis EU.Org

Langkah pertama untuk mendapatkan domain gratis yaitu melakukan pendaftaran ke website EU.Org dengan mengakses link dibawah ini.

https://nic.eu.org/

Setelah masuk ke link diatas, silahkan Anda klik pada bagian yang sudah ditandai warna merah. Maka Anda akan dialihkan ke tampilan login-page yang telah disediakan.

Apabila Anda belum memiliki akun, silahkan Anda pilih Register, dan apabila Anda sudah memiliki akun silahkan langsung masukkan ID dan pasword.

Setelah Anda meng-klik pada bagian register, maka tampilan akan berubah seperti gambar dibawah ini.

Berikut ini sedikit penjelasan mengenai kolom yang harus Anda isi.

Advertisement
Nama:Silahkan Anda isi dengan nama lengkap Anda
Email:Silahkan isi email dengan alamat email anda secara lengkap, dan pastikan email Anda dapat diakses. Karena akan dibutuhkan konfirmasi email untuk masuk ke Akun EU.Org
Address 1:Silahkan isi dengan Nama Kelurahan/Desa
Address 2:Silahkan Anda isikan dengan Nama Kecamatan
Address 3:Silahkan Anda isikan dengan Nama Kota/Kabupaten
Address 4:Boleh dikosongkan
Address 5:Boleh dikosongkan
Country:Silahkan Anda isikan dengan memilih negara tempat Anda berada saat ini
Nomor Telepon:Bisa di isi dengan nomor telepon Anda untuk kepentingan lupa pasword dan sebagainya, atau bisa dikosongkan
Fax:Bisa di isi jika mempunyai alamat Fax atau bisa juga dikosongkan saja

Pada bagian I have read and I accept the domain policy silahkan Anda centang pada kotak disebelah kanan tulisan tersebut.

Setelah itu, silahkan Anda isikan password yang mudah untuk diingat, agar tidak lupa dikemudian hari.

Jika password sudah diisi dan data lainnya sudah diisi dengan benar, silahkan klik pada bagian Create.

Maka Anda akan dibawa ke tampilan bahwa registrasi berhasil. Silahkan Anda cek ID yang diperoleh untuk Login. Pada gambar di atas, ID yang saya dapatkan yaitu JW1347-FREE. ID ini yang nantinya akan digunakan untuk login.

Baca:  Cara Menghubungkan Google Domains ke Blogger Terlengkap

Sebelum masuk ke login-page, silahkan Anda buka email yang Anda gunakan saat pendaftaran dan lakukan konfirmasi email.

Jika email sudah berhasil di konfirmasi, silahkan klik pada bagian Login dibagian atas.

Selanjutnya silahkan isi ID Anda dan juga password.

Ketika login berhasil, maka tampilan akan berubah seperti pada gambar dibawah ini.

Silahkan Anda klik pada bagian New Domain.

Selanjutnya Anda akan dibawa ke pengisian data yang kedua kalinya, pada bagian Complete domain name silahkan Anda isikan nama domain yang Anda inginkan. Misalnya saja domain

dhevilz.eu.org

Pada bagian Organization silahkan Anda isi sesuai data diri yang Anda gunakan saat mendaftar.

Sedangkan pada bagian Technical Contact biarkan saja sesuai dengan apa yang sudah tertulis disana.

Selanjutnya pada bagian Name Server ada beberapa hal yang harus Anda ubah dan Anda isi.

Advertisement

Check for Correctness of: silahkan Anda ubah ke Name Server atau pada bulir paling kiri.

Pada bagian Name1 sampai dengan Name4 silahkan Anda isi sesuai dengan gambar

Name1ns1.hostry.com
Name2ns2.hostry.com
Name3ns3.hostry.com
Name4ns4.hostry.com

Setelah itu, silahkan Anda lanjutkan dengan meng-klik Submit

Maka Tampilan Akan muncul seperti gambar diatas. Jika sudah sesuai gambar diatas, silahkan Anda kirimkan email ke hostmaster@EU.Org untuk mempercepat proses aktivasi domain.

Jangan lupa, ketika mengirimkan email, gunakan bahasa inggris yang baik dan benar.

Contoh pesan yang saya gunakan untuk permintaan pengaktifan domain, silahkan Anda translate sendiri kedalam bahasa Inggris.

Hai, Saya senang dengan adanya layanan domain gratis eu.org. Saya tertarik untuk mendapatkan domain gratis dari eu.org

Tolong terima permintaan pengaktifan domain domainAnda.eu.org

Saya akan senang jika permintaan domain ini diterima, dan saya akan patuh terhadap ketentuan yang berlaku.

Terima kasih

Setelah Email berhasil terkirim, silahkan Anda tunggu 3 hari sampai 2 minggu untuk pengaktifan domain. Biasanya ketika domain sudah aktif akan ada email pemberitahuan dari pihak penyedia layanan.

Namun untuk alasan tertentu kadang membutuhkan pengaktifan domain lebih lama dari estimasi tersebut, sehingga diharapkan Anda bisa bersabar menunggu pengaktifan domain.

Setelah Anda membaca tutorial cara mendapatkan domain gratis ini, apakah Anda sudah mendapatkan domain gratis tersebut?

Advertisement

4 Comments

  1. Thank you!!

  2. Om kalau sudah aktif terus simpan data servernya dimana ya?

    Bisa gak localhost saya di NAT ke domain eu.org ?

    Contoh

    * sudo login as handle password blablabla

    Connect server……

    • Maaf kak, layanan ini hanya menyediakan domain gratis.
      Untuk mengarahkan domain eu.org ini saya sarankan untuk menyewa hosting berbayar maupun gratis atau bisa mengarahkan domain ke blogspot

  3. Ijin Praktek min

Leave a Reply