Kapasitas Hosting Penuh, Begini Cara Mengatasinya!

DheVilz – Kapasitas hosting yang penuh bisa menjadi masalah yang cukup serius, karena dengan kapasitas hosting yang penuh bisa mengakibatkan kecepatan website yang menurun. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah kapasitas hosting penuh, karena disini akan diberikan beberapa jalan keluar untuk mengatasi kapasitas hosting yang penuh.

Berikut ini beberapa tips mengatasi disk space hosting yang penuh.

1. Menghapus error_log

Error_log merupakan catatan yang dibuat oleh sistem secara otomatis untuk keperluan memberitahukan jika terjadi kesalahan pada website atau blog yang sedang berjalan didalam server hosting. Catatan error_log ini akan secara terus menerus memberitahukan kesalahan hingga dapat menyebabkan server hosting penuh.

Jika didalam server hosting yang Anda miliki terdapat error_log, hal ini menunjukkan bahwa terdapat script plugin atau theme yang bermasalah ataupun yang kurang kompatibel dengan hosting yang sedang Anda gunakan.

Cara mengatasi error_log pada hosting:

  1. Silahkan login ke Cpanel hosting
  2. Masuk pada bagian File Manager
  3. Cek pada bagian public_html, jika terdapat file error_log silahkan klik pada file tersebut, dan kemudian hapus file.

2. Menghapus Folder Trash

Selain dari error_log yang membuat kapasitas hosting penuh, ternyata file trash pada hosting juga dapat menyebabkan kapasitas hosting cepat penuh. Ketika kita menghapus file melalui panel hosting, maka file yang terhapus akan masuk ke folder “trash” sebelum benar-benar terhapus secara permanen.

Fungsi dari folder trash ini sendiri adalah, ketika kita salah dalam menghapus file yang ada didalam hosting. Kita masih bisa mengembalikan atau merestore file tersebut. Namun terkadang fitur ini tidak terpakai dan justru membuat kapasitas hosting cepat penuh dengan file-file sampah yang ada di folder “trash”.

Cara menghapus folder trash pada hosting:

  • Silahkan login ke Cpanel hosting
  • Pilih pada bagian File Manager
  • Menampilkan hidden file dengan cara klik settings pada pojok kanan atas
  • kemudian centang pada bagian “Show Hidden Files (dotfiles)
  • Cari Folder “.trash
  • Kemudian hapus file yang ada didalam folder “.trash” yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi.

3. Menghapus Gambar

Ketika kita menggunakan wordpress dan theme yang kompleks. Terkadang theme yang kita gunakan akan secara otomatis membuat salinan dari gambar yang kita upload dan membuatnya menjadi beberapa salinan dengan ukuran yang berbeda.

Ketika kita mengganti theme, maka secara otomatis akan membuat salinan foto kembali sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan oleh theme baru. Oleh karena itu, terjadi banyak sekali duplikat gambar dengan berbagai ukuran. Hal ini tentu akan membuat kapasitas hosting cepat penuh.

Anda bisa menghapus beberapa ukuran gambar yang tidak dibutuhkan oleh theme. Untuk menghapus gambar yang tidak dibutuhkan oleh theme, berikut ini cara untuk menghapus gambar pada hosting:

  • Masuk ke Cpanel
  • Masuk pada bagian File Manager
  • Masuk pada public_html
  • Masuk pada bagian wp-content
  • Masuk pada bagian uploads
  • Silahkan hapus beberapa ukuran gambar yang sekiranya tidak dibutuhkan oleh theme.

Anda harus mengetahui terlebih dahulu ukuran gambar yang aktif digunakan untuk tampilan theme dan gambar yang tidak dibutuhkan oleh theme.

Jika tutorial mengatasi kapasitas hosting yang penuh diatas belum menyelesaikan masalah. Mungkin sudah saatnya Anda menggunakan hosting dengan kapasitas yang lebih besar.

Sekian tutorial tentang cara mengatasi kapasitas hosting yang penuh. Semoga bermanfaat.

Default image
DheVilz

One comment

Leave a Reply