Beberapa Provider Akan Menghentikan Layanan 3G, Bagaimana Nasib Pelanggan?

Beberapa Provider Akan Menghentikan Layanan 3G, Bagaimana Nasib Pelanggan?

DheVilz – Beberapa provider internet berencana akan meghentikan layanan 3G di seluruh wilayah Indonesia. Rencana penghentian layanan ini telah terungkap melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Namun, penghentian layanan ini masih akan dilakukan kajian lebih lanjut, dan juga akan mempertimbangkan faktor ketersediaan jaringan 4G juga mempertimbangkan faktor pengguna layanan.

Meskipun belum ada kepastian dari pemerintah, namun Telkomsel dan XL Axiata sudah memberikan penegasan bahwa pihaknya akan menghentikan layanan 3G di Indonesia pada tahun 2022 ini.

Jika Telkomsel dan XL Axiata telah memberikan penegasan akan layanan 3Gnya, berbeda dengan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) yang masih belum memiliki kejelasan apakah layanan 3Gnya akan terus berlanjut atau akan ikut mematikan layanan 3G ditahun ini. IOH merupakan gabungan dari perusahaan Indosat Ooredo dan Tri yang belum lama ini melakukan merger.

Berbeda dengan Smartfreen yang telah lebih dulu mematikan layanan 3G yang berbasis CDMA pada tahun 2017 silam. Smartfreen sendiri merupakan anak dari perusahaan Sinarmas group.

Layanan 3G Telkomsel

Telkomsel menjadi yang pertama menyatakan akan menghentikan layanan 3Gnya selama tahun 2022 ini. Pada akhir Januari tahun ini, Telkomsel telah mengumumkan akan memindahkan seluruh layanan 3G ke layanan jaringan 4G pada tahun 2022 ini.

Telkomsel sendiri akan melakukan percepatan dalam meng-upgrade (peningkatan/pengalihan) layanan dari 3G menjadi 4G.

Migrasi yang dilakukan oleh Telkomsel ini akan dilakukan secara bertahap di seluruh wilayah Indonesia.

Namun, untuk migrasi ini tetap akan melihat dari sisi pengguna, terutama pada wilayah yang sudah menggunakan layanan Telkomsel 4G secara merata yang akan dilakukan migrasi terlebih dahulu.

Namun, belum ada informasi yang spesifik mengenai wilayah mana yang akan terdampak penghentian layanan 3G ini. Informasi mengenai target dan jadwal dari pengalihan jaringan 3G ke 4G ini juga belum diketahui secara pastinya.

Yang jelas, pada tahun 2022 ini, Telkomsel akan memindahkan layanannya secara bertahap. Dengan adanya pemindahan layanan 3G ini, maka setelah wilayah tersebut dimigrasi ke 4G secara keseluruhan, pengguna tidak akan bisa menikmati layanan 3G ini lagi.

Oleh karena itu, Telkomsel telah memberikan himbauan untuk para pelanggannya yang masih menggunakan jaringan 3G agar segera beralih ke layanan jaringan 4G.

Layanan 3G XL Mati Bulan Maret 2022

Sama seperti Telkomsel, XL Axiata juga akan menghentikan layanan 3Gnya pada tahun 2022 ini. XL Axiata menegaskan akan menghentikan seluruh jaringan 3G di Indonesia akan selesai pada akhir Maret 2022.

Pada saat ini, XL Axiata telah mematikan lebih dari 5.000 BTS miliknya. Angka ini akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. XL Axiata sendiri mematikan layanan jaringan 3G ini setiap harinya, hingga target selesai pada bulan Maret tahun ini.

Setiap harinya, XL Axiata mematikan BTS layanan 3G hampir mencapai 1.000 BTS, dan hingga saat ini, Jumlah BTS yang dimatikan akan terus bertambah.

Jika target penghentian layanan 3G dari XL Axiata telah selesai pada bulan maret, maka mulai saat itu juga secara resmi XL Axiata akan menghentikan layanan 3Gnya. Artinya, tidak akan ada lagi Layanan 3G dari XL Axiata yang bisa digunakan di wilayah Indonesia.

Pada tahun 2021, XL Axiata telah berhasil mematikan layanan 3G di Indonesia sejumlah 11.000 BTS. Hal ini akan terus berlanjut hingga semua BTS 3G dihentikan dan dialihkan menjadi jaringan 4G.

Layanan 3G Indosat kapan dihentikan?

Berbeda dengan kedua provider lainnya, Indosat belum mengumumkan secara resmi terkait kapan layanan 3G Indosat akan mulai dihentikan.

Walaupun belum ada kepastian, namun Indosat Ooredo Hutchison (IOH) telah melakukan pengalihan jaringan ke 4G dan juga telah menggelar layanan 5G di Indonesia. Hal ini ada kaitanya dengan pemerintah yang ingin menjadikan layanan 4G sebagai backbone (tulang punggung) layanan di tanah air.

Sebagai upaya penghentian layanan 3G di Indonesia, IOH telah melakukan penghentian layanan 3G pada tahun 2021 yang lalu. Lebih dari 12.000 BTS di Indonesia telah dihentikan layanan (3G)nya, sehingga dibeberapa wilayah di Indonesia tidak bisa lagi memanfaatkan jaringan 3G.

Belum ada kepastian dari IOH terkait penghentian 12.000 BTS ini akan dialihfungsikan menjadi layanan 4G atau tidak.

Namun, dengan adanya penghentian layanan sejumlah 12.000 BTS ini, terdapat penambahan jumlah 9.000 BTS 4G yang baru ditahun 2021.

Ada kemungkinan bahwa Indosat Ooredo Hutchison (IOH) akan mengalihkan jaringan 3G ke jaringan 4G sesuai dengan timeline dari pemerintah.

Sejauh ini, Indosat Ooredo Hutchison (IOH) telah melakukan edukasi bagi para pelanggannya yang masih menggunakan jaringan 2G atau 3G untuk segera beralih menggunakan jaringan 4G.

Deadline Pengalihan 4G Pemerintah

Kapan pemerintah akan memberikan pemberitahuan terkait penghentian layanan 3G di Indonesia ini? Belum ada ketegasan dan tanggal pasti kapan jaringan 3G akan dihentikan.

Hingga saat ini, belum ada kepastian deadline penetapan seluruh operator di Indonesia untuk segera mengalihkan jaringan ke 4G. Semua butuh proses dan kajian lebih mendalam. Hal ini agar pelanggan dan yang lainnya tidak merasa dirugikan akibat pengalihan ini.