Ini Penyebab Internet Lemot Saat Hujan

Ini Penyebab Internet Lemot Saat Hujan

DheVilz – Kita pasti pernah mengalami yang namanya internet lemot. Salah satu hal yang sangat menjengkelkan ketika tiba-tiba internet menjadi lemot. Salah satu penyebab internet lemot yakni hujan.

Apa penyebab internet menjadi lemot saat kondisi hujan?

Pada dasarnya faktor cuaca seperti hujan, badai dan sebagainya memang dapat mempengaruhi kecepatan internet.

Berikut ini alasan kenapa hujan bisa menjadi faktor yang menyebabkan internet menjadi lemot.

1. Banyak Pengguna Secara Bersamaan

Sebenarnya, cuaca yang sedang mengalami hujan yang tidak begitu deras sejatinya tidak terlalu mempengaruhi kecepatan internet. Namun, koneksi internet yang menjadi lemot ketika cuaca sedang hujan disebabkan karena lonjakan pengguna internet yang mengakses secara bersamaan.

Hal ini terjadi karena ketika hujan sedang berlangsung, maka orang-orang akan mengurangi aktivitas di luar rumah. Sehingga banyak orang yang lebih memilih menetap di dalam rumah sambil berselancar menggunakan konesi internet yang ada.

Dengan adanya kenaikan pengguna saat hujan inilah yang menjadi penyebab internet lemot.

2. Sinyal Satelit Lemah

Jika dibandingkan dengan internet kabel, internet yang menggunakan satelit cenderung lebih rentan terhadap perubahan cuaca. Hal ini disebabkan karena layanan internet ini lebih mengandalkan sinyal satelit yang jaraknya ribuan km dari bumi.

Internet yang mengandalkan sinyal satelit ini biasanya ditransmisikan melalui gelombang radio yang merambat melalui udara terbuka. Biasanya koneksi internet yang mengandalkan sinyal satelit ini lebih rentan terhadap hambatan seperti air, bangunan, dan bahkan dedaunan yang rimbun.

Ketika hujan sedang berlangsung, maka akan terbentuk hambatan yang disebabkan karena adanya air. Air ini biasanya akan membelokkan pancaran gelombang radio.

Oleh karena itu, ketika hujan sedang berlangsung, partikel air yang berada di udara ini dapat melemahkan, membelokkan, dan menghambat sinyal satelit sehingga mengakibatkan koneksi internet menjadi lebih buruk atau lemot.

Selain itu, koneksi internet yang lemot juga bisa terjadi ketika hujan sudah reda, hal ini lebih sering terjadi pada daerah yang memiliki pepohonan yang rimbun.

Hal ini disebabkan karena adanya pepohonan yang mengandung air yang tinggi yang berefek pada melemahnya pancaran sinyal satelit. Sehingga koneksi internet pun menjadi lemot.

3. Rusaknya Infrastruktur Internet

Cuaca buruk memang kerap tidak dapat diduga-duga, bahkan akibat dari cuaca buruk ini bisa mengakibatkan banjir dan lain sebagainya.

Ketika jaringan internet masih menggunakan teknologi lama seperti ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line), maka air dapat menyebabkan kerusakan fisik pada kabel.

Hal ini bisa terjadi karena kebanyakan kabel internet memiliki pemasangan yang berada dibawah tanah. Maka ketika hujan turun, air ataupun uap air dapat masuk ke infrastruktur internet yang mengakibatkan kabel ataupun konektor menjadi basah.

Jika hal ini terjadi, bisa menyebabkan gangguan pada koneksi internet, bahkan bisa menghambat koneksi internet secara penuh.

Hal ini juga dapat berpotensi untuk menimbulkan konsleting listrik sehingga koneksi internet sepenuhnya terputus.

Pada internet kabel, kendala setelah adanya hujan juga bisa dirasakan. Sama seperti pada koneksi internet yang mengandalkan sinyal satelit. Namun, pada internet kabel yang menyebabkan internet menjadi lemot karena kelembaban yang tinggi. Sehingga mempengaruhi dan menghambat koneksi internet.