Aplikasi IGTV Akan Dihapus, Ini Alasannya

Aplikasi IGTV Akan Dihapus, Ini Alasannya

DheVilz – Aplikasi yang ramai digunakan dikalangan remaja di Indonesia Instagram TV (IGTV) dikabarkan akan dihentikan. Dalam kabar yang beredar, pengumuman dari perusahaan induk Instagram, Meta telah mengonfirmasi bahwa aplikasi IGTV ini akan dihentikan dari toko aplikasi pada pertengahan Maret ini.

Keputusan Meta menghentikan aplikasi standalone IGTV ini tak lain bertujuan untuk meningkatkan adopsi video singkat, seperti Reels dan IG Stories.

Dalam pemberitahuan tersebut, Meta mengatakan penghentian aplikasi IGTV ini dimaksudkan agar dalam membuat konten vidio dapat dilakukan sesederhana mungkin, baik ketika pembuatan maupun ketika masuk di pencarian internet.

Dengan melakukan penghapusan aplikasi IGTV, menjadikan perusahaan lebih fokus dan terarah dalam pengembangan aplikasi, yakni lebih menitik beratkan pada vidio di satu aplikasi, yaitu pada aplikasi Instagram.

Karena penghentian aplikasi IGTV ini, Meta juga melakukan penghentian jaringan periklanan di IGTV. Meskipun terdapat penghentian pada periklanan ini, namun konten kreator masih tetap bisa mendapatkan pembayaran untuk bulan ini, dan tentunya pembayaran akan disesuaikan dengan penghasilan terbaru.

Meta juga menyebutkan akan mengembangkan aplikasi Instagram agar memungkinkan konten kreator untuk mendapatkan bayaran dari konten yang ada di Reels.

Sebenarnya, Meta telah memberikan informasi mengenai penghentian aplikasi IGTV sejak tahun lalu, tepatnya pada bulan Oktober 2021. Pada saat itu, perusahaan memberitahukan bahwa aplikasi IGTV tidak akan dihapus, namun akan diubah namanya.

Pada saat yang bersamaan, Instagram pada waktu yang lalu menggabungkan vidio dengan durasi yang panjang di IGTV dengan feed yang ada di Instagram.

Nantinya, sama halnya dengan IGTV, aplikasi di Instagram akan mendapatkan fitur baru yang dinamakan Instagram Vidio. Dengan kata lain, vidio panjang seperti yang ada di IGTV akan ditemukan juga di aplikasi Instagram.

Pada aplikasi Instagram, tombol IGTV pada aplikasi tersebut sudah dihapus sejak tahun 2020 yang lalu. Penghapusan ini dikarenakan pada zaman itu masih sepi peminatnya. Menurut sumber yang beredar, aplikasi IGTV hanya memiliki 7 juta pengguna, sedangkan pada aplikasi instagram mencapai angka 1 milyar.

Pengembang Meta akan lebih terfokus pada vidio pendek Reels.

Reels ini memiliki kontribusi yang cukup besar pada perusahaan, sehingga investasi waktu dan pengembangan akan difokuskan untuk menjadikan Reels menjadi lebih baik dan lebih mendatangkan banyak pengguna.