Bocoran iPhone 14 Akan Menghilangkan Slot Kartu SIM

DheVilz – Apple terlihat semakin serius menggarap projeknya untuk mengurangi port yang ada pada ponsel alias portless. Terlihat dalam bocoran iPhone 14 yang akan hadir mendatang akan mengurangi penggunaan Slot kartu SIM.

Pada seri sebelumnya, sejak iPhone 7 hadir di pasaran, ponsel iPhone 7 ini telah menghilangkan port audio 3.5 mm. Pada generasi terbarunnya nanti, ponsel iPhone 14 dikabarkan akan menghilangkan slot kartu SIM.

Menurut kabar yang beredar terdahulu, Apple konon akan menghilangkan port kartu SIM pada lini iPhone 15 yang akan diluncurkan pada tahun 2023 mendatang.

Namun menurut rumor terbaru ini, iPhone tanpa slot kartu SIM sudah diterapkan pada generasi iPhone 14 yang kemungkinan akan meluncur ditahun 2022.

Menurut informan terbaru ini mengatakan bahwa Apple telah menyarankan pihak operator selular yang ada di Amerika Serikat (AS) untuk menyiapkan peluncuran ponsel yang dikhususkan untuk pengguna kartu SIM elektronik (e-SIM) pada bulan September 2022 mendatang.

Dengan sebutan “ponsel khusus e-SIM” bisa disimpulkan bahwa ponsel tersebut sudah tidak lagi menggunakan kartu SIM fisik dan bahkan bisa saja ponsel tersebut juga tidak menggunakan slot kartu SIM fisik.

Informan tersebut melengkapi informasinya dengan menunjukkan dokumen yang sah, yang berisi tentang kerangka waktu pelaksanaan dari rencana tersebut. Namun, dalam dokumen tersebut tidak menyebutkan secara khusus menyebutkan perusahaan Apple ataupun iPhone.

Bila dokumen tersebut benar, maka akan ada kemungkinan bahwa mulai generasi iPhone 14 akan terjadi pemangkasan slot kartu SIM fisik, alih-alih pada jajaran iPhone 15.

Perilisan ponsel iPhone memang biasanya terjadi pada bulan September setiap tahunnya, dan pada Setpember 2022 nantinya Apple diharapkan akan meluncurkan iPhone 14 ke pasaran.

Beberapa kabar juga mengatakan akan merilis iPhone 13 jenis tertentu yang tidak dilengkapi dengan kartu nano-SIM yang biasanya sudah tersedia didalam kemasan. Hal ini akan dilakukan pada kuartal II-2022 sekitar bulan April hingga Juni 2022.

Beberapa ponsel iPhone 13 yang dijual di toko Apple Store atau di laman situsnya apple.com sebenarnya juga sudah tidak menyertakan kartu nano-SIM didalam paket penjualan. Para pemilik iPhone 13 dapat mengaktifkan paket selular melalui e-SIM.

Apabila berita yang beredar mengenai iPhone yang akan menghilangkan slot kartu SIM memang benar adanya, maka iPhone generasi selanjutnya akan benar-benar menggunakan e-SIM saja.

Lantas apa itu e-SIM?

e-SIM adalah sebutan yang digunakan untuk terobosan baru kartu SIM elektronik, embedded SIM card, danjuga kartu SIM digital.

Sama seperti namanya, e-SIM ini tidak memiliki wujud fisik seperti kartu SIM pada umumnya. E-SIM ini menyatu pada ponsel dan tidak bisa dilepas pasang sesuka hati seperti SIM card yang biasa.

Berbeda dengan SIM card yang bisa dilepas pasang manual kedalam slot kartu SIM didalam ponsel, pada e-SIM ini pengguna bisa secara langsung menggunaka e-SIM dengan cara menscan barcode di aplikasi selular sesuai dengan operator yang digunakan, atau bisa juga dengan cara menginstal paket selular yang telah ditetapkan.

Dengan penggunaan e-SIM ini diharapkan dapat memudahkan pengguna ketika akan beralih dari satu operator ke operator yang lain hanya dengan bantuan aplikasi atau software tertentu.

Dilihat dari sisi vendor, dengan adanya e-SIM ini bisa digunakan untuk mendesain ponsel dengan bentuk yang lebih tipis dan tentunya lebih ringan lagi.

Dengan peletakan e-SIM yang berada bersamaan dengan komponen internal lainnya, e-SIM ini bisa menjadi menjadi tahan terhadap air dan debu sehingga lebih aman, karena tidak menggunakan slot kartu SIM fisik.

Dukungan e-SIM pada iPhone sendiri bukanlah hal yang baru. Apple telah memulai menyertakan e-SIM ini pada kali pertama meluncurkan produknya iPhone XS dan XS Max pada tahun 2018 yang lalu, yakni melalui fitur dual-SIM.

Berbeda dengan ponsel Android yang juga telah dibekali dengan dual-SIM dengan adanya dua kartu SIM fisik, sedangkan pada ponsel iPhone telah menggunakan dual SIM dengan kombinasi nano-SIM dan juga e-SIM.

Setelah generasi iPhone XS dan XS Max Apple juga memberikan dukungan dual-SIM pada ponsel iPhone generasi selanjutnya, hingga yang terbaru pada lini ponsel iPhone 13.

Namun sangat disayangkan, dukungan e-SIM ini belum merata diseluruh negara. Jadi, masih ada kemungkinan ponsel iPhone dengan dukungan kartu SIM fisik masih tetap tersedia di beberapa wilayah pasar.

Layanan e-SIM ini memiliki kemajuan yang cukup baik, dimana teknologi ini sudah berkembang pesat diberbagai negara. Hingga saat ini tersedia lebih dari 100 operator selular yang menawarkan e-SIM di seluruh dunia.

Penggunaan e-SIM ini kedepannya akan terus meningkat ditahun 2022 nanti. Di Indonesia sendiri, operator yang telah mengadopsi teknologi e-SIM ini telah dihadirkan oleh operator Smartfren pada tahun 2019 yang lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *