Ini Merk Smartphone yang Mendominasi Ponsel 5G Dunia

Ini Merk Smartphone yang Mendominasi Ponsel 5G Dunia

DheVilz – Firma riset pasar Startegy Analytics telah merilis laporan terbarunya terkait pengiriman (shipment) ponsel yang telah dibekali dengan teknologi 5G di dunia pada kuartal III-2021.

Dari hasil laporan tersebut menyatakan bahwa Apple berhasil menjadi perusahaan dengan pengiriman ponsel berteknologi 5G terbanyak pada penjualan kuartal ketiga pada tahun 2021 engan pangsa pasar (market share) sekitar 25 persen.

Pada bulan September tahun ini, Apple telah berhasil meluncurkan produk barunya iPhone 13 series yang juga telah dibekali dengan konektivitas jaringan 5G.

Strategy Analytics tidak membeberkan berapa unit produk dengan jaringan 5G yang berhasil dikirim oleh Apple. Tetapi, terlihat bahwa masih ada vendor yang dibawah Apple seperti vendor ponsel Android yang memiliki market share dibawah perusahaan pembuat iPhone tersebtu.

Beberapa perusahaan yang memiliki market share ponsel 5G dibawah Apple secara berurutan adalah XiaomiSamsungOppo, Vivo, Honor, Realme, dan vendor smartphone lainnya yang tergabung dalam kategori “Others” (lain-lain).

Xiaomi berhasil mendominasi ponsel 5G dunia di peringkat kedua setelah berhasil memasok berbagai macam ponsel dengan dukungan 5G pada berbagai pasar. Beberapa produk yang berhasil menaikkan Xiaomi hingga posisi kedua diantaranya Poco M3 Pro 5G, Redmi Note 10 5G, hingga Mi 11T series.

Pada peringkat yang berbeda, Samsung juga berhasil meluncurkan banyak ponsel dengan konektivitas 5G diberbagai segmen, mulai dari  mulai dari Galaxy A22 5G, hingga ponsel model lipat terbarunya yang juga telah mendukung konektivitas 5G seperti Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3.

Untuk urutan peringkat vendor pengirim ponsel dengan dukungan jaringan 5G terbanyak adalah sebagai berikut.

1. Apple
2. Xiaomi
3. Samsung
4. Oppo
5. Vivo
6. Honor
7. Realme
8. Lain-lain

Meskipun Apple, Xiaomi, dan Samsung memasuki peringkat tiga besar sebagai vendor pengirim ponsel 5G dunia terbanyak pada kuartal III-2021, berbeda denga vendor ponsel Honor yang mendapatkan predikat sebagai perusahaan ponsel yang yang memiliki perkembangan dalam pengiriman ponsel 5G tercepat.

Vendor ponsel ini tercatat memiliki peningkatan ponsel dengan jaringan 5G pada kuartal III-2021 sebesar 194 persen dari hasil produk terbarunya seperti Honor 50 5G, Honor 50 SE 5G, hingga Honor 50 Pro 5G.

“Popularitas ponsel 5G dari Honor meningkat pesat di China. Honor sendiri sebelumnya merupakan sub-merek Huawei, tetapi dipecah sebagai perusahaan independen sejak sekitar awal tahun lalu,” jelas Associate Directro Strategy Analytics, Yiwen Wu.

Selain Honor, terdapat beberapa perusahaan ponsel yang memiliki peningkatan pesat dalam pengiriman ponsel 5G yang berasal dari penjualan ponsel Android seperti Motorola, Samsung, Oppo, hingga Realme.

Berikut ini peringkat pengiriman ponsel 5G tercepat dunia adalah sebagai berikut:

1. Honor
2. Motorola
3. Samsung
4. Oppo
5. Realme

Perusahaan Xiaomi tidak masuk kedalam kategori perusahaan dengan pengiriman ponsel dengan dukungan konektivitas 5G tercepat. Hal ini dikarenakan perusahaan Xiaomi mengalami penurunan performa di kuartal III-2021, usai mengalami peningkatan pertumbuhan yang signifikan pada kuartal sebelumnya.

Bukan mengalami penurunan performa, namun Xiaomi pada kuartal ke III-2021 ini mengalami pengiriman ponsel dengan jaringan 5G yang stagnan.

Hal ini bisa jadi disebabkan karena Samsung yang berhasil mengalahkan dominasi Xiaomi di pasar Eropa pada kuartal III-2021, kemudian diikuti oleh perusahaan Oppo yang berhasil mendominasi penjualan ponsel 5G di pasar China.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.