iOS 15.4 Rilis, Ini Tambahan Fitur Yang Perlu Diketahui

iOS 15.4 Rilis, Ini Tambahan Fitur Yang Perlu Diketahui

DheVilz – Apple telah melakukan update sistem operasi iOS 15.4 serta iPadOS 15.4, masing-masing merupakan perangkat dari iPhone dan iPad.

Update ini telah dirilis sejak 14 Maret yang lalu, berbagai fitur tambahan telah ditambahkan ke sistem operasi baru ini oleh Apple.

Beberapa fitur baru ini diantaranya yakni face ID, dimana perangkat akan mengenali wajah pengguna walaupun sedang mengenakan masker, terdapat pula tambahan pilihan suara baru untuk Siri, tambahan deret emoji yang lebih menarik, dan masih banyak lagi.

Jika dibandingkan dengan versi iOS 15 yang lama, pembaruan pada versi baru ini tergolong cukup besar.

Berikut ini daftar update penting di iOS 15.4:

Perintah SOS DaruratFace ID
Peningkatan pada AirTagSuara baru Siri
Emoji baruPeningkatan kemampuan Live Text
Simpan Password di KeychainOtentifikasi baru di Apple Pay

Sejatinya, sistem operasi iOS 15.4 ini merupakan sistem operasi bawaan yang digunakan pada iPhone SE (2022), dan juga digunakan pada iPhone 13 dan iPhone 13 Pro dengan varian warna Green.

Namun, bagi yang memiliki perangkat yang telah didukung dengan iOS 15.4 bisa melakukan upgrade melalui menu Settings > General > Software Update.

Face ID

Hadir dengan kemampuan yang ditingkatkan, kini Face ID mampu mengenali wajah pengguna walaupun sedang mengenakan masker.

Hal ini merupakan pengembangan yang positif, karena sebagian orang mengeluhkan harus membuka masker ketika ingin membuka (unlock) kunci layar menggunakan Face ID.

Agar ponsel bisa menggunakan fitur ini, pengaktifan fitur dapat ditemukan pada bagian “Settings” > “Face ID & Passcode”.

Selanjutnya, geser pada bagian “Use Face ID with a mask” ketika fitur ini sudah aktif ditandai dengan warna hijau.

Setelah fitur ini aktif, maka pengguna dapat menggunakan Face ID meskipun sedang mengenakan masker. Perlu diperhatikan bahwa fitur baru Face ID ini hanya tersedia pada iPhone 12 dan iPhone 13 series.

Suara baru Siri

Pada pembaruan kali ini, Apple menambahkan varian suara baru untuk asisten virtual Siri. Hal ini bukan kali pertama Apple menambahkan varian suara baru untuk Siri.

Untuk pengguna iPhone, kini memiliki pilihan suara yang lebih beragam. Bisa menyesuaikan dengan suara natural yang tidak terlalu berat dan juga tidak terlalu tinggi.

Pada varian suara ini, memiliki aksen suara dari Amerika, sehingga mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang berasal dari AS.

Apabila pengguna tertarik untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat mengakses pada menu “Settings” > “Siri & Search” > “Voice 5” untuk mendengarkan suara baru dari Siri.

Peningkatan kemampuan Live Text

Live Text merupakan aplikasi yang sudah ada sejak pembaruan iOS 15. Dengan adanya fitur ini, pengguna mampu mengambil teks yang ada pada didalam bidikan kameranya menggunakan bantuan teknologi AI.

Text yang didapatkan dari aplikasi ini, kemudian bisa disalin dan bisa juga diterjemahkan oleh pengguna. Pada update iOS 15.4 ini, kemampuan dari Live Text ini juga ikut ditingkatkan.

Kini, pengguna mampu mengambil teks dari gambar, selanjutnya pengguna bisa menampilkan teks tadi pada aplikasi Notes dan Reminder.

Apple Pay

Fitur Apple Pay bukan merupkaan fitur yang baru, tak heran ketika pengguna Apple sudah sangat familiar dengan Apple Pay. Opsi pembayaran dapat diakses dengan mudah melalui tombol power, yakni dengan cara menekan tombol power sebanyak dua kali.

Pada iOS terbaru versi 15.4, kini ponsel iPhone bisa menampilkan opsi konfirmasi yang lebih beragam seperti melalui Face ID maupun melalui verifikasi password ketika pengguna ingin melakukan transaksi menggunakan Apple Pay ini.

Ada juga fitur tambahan seperti fitur Tap to Pay yang mampu menerima opsi pembayaran melalui perangkat iPhone secara tidak langsung.

Emoji Baru

Untuk setiap pembaruan sitem operasi, Apple kerap sekali menambahkan deretan emoji baru, tak terkecuali pada update iOS 15.4 ini.

Jika dihitung, terdapat 37 emoji baru yang dapat digunakan oleh pengguna, seperti wajah meleleh, gestur hati menggunakan tangan, bola disko, pria hamil, kacang, troll, dan juga masih banyak lagi.

Simpan Password di Keychain

Pada pembaruan kali ini, Apple telah menambahkan fitur baru untuk menyimpan password pada Keychain, dengan fitur baru ini, dapat mengisi informasi pengguna secara otomatis.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat melihat pada bagian “Settings” > “Passwords” >kemudian pengguna bisa mengisi password yang dapat digunakan sebagai pengisi otomatis jika diperlukan.

Peningkatan AirTag

Demi keamanan para pengguna, Apple kini menampilkan pemberitahuan ketika pengguna ingin menggunakan AirTag.

Pemberitahuan ini ditujukan untuk mengingatkan pengguna bentuk kejahatan yang mungkin saja bisa terjadi, misalnya saja menggunakan fitur AirTag untuk mengetahui pergerakan orang lain.

Perintah SOS Darurat

Agar ponsel bisa lebih bermanfaat ketika dalam keadaan yang mendesak, pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS 15.4 ini bisa melakukan panggilan darurat dengan cara menekan tombol volume bawah dan juga tombol power secara bersamaan.

Pada fitur baru ini, pengguna juga bisa mengakses menu “Emergency SOS prompt” pada bagian “settings” untuk memasukkan nomor seseorang kedalam daftar yang dapat dihubungi ketika pangilan darurat dilakukan.