Oppo Find X5 Pro Hadir Dengan Prosesor Snapdragon Terbaru, Intip Spesifikasinya

Oppo Find X5 Pro Hadir Dengan Prosesor Snapdragon Terbaru, Intip Spesifikasinya

DheVilz – Ponsel terbaru Oppo Find X5 series telah resmi hadir di China sebagai ponsel Flagship dengan fitur masa kini. Oppo Find X5 merupakan suksesor dari seri Oppo Find X3 yang telah hadir lebih dahulu hadir pada tahun 2021 yang lalu.

Oppo Find X5 series hadir dengan beberapa model diantaranya yakni Oppo Find X5 Pro, Find X5 versi “reguler”, dan Find X5 Lite. Oppo Find X5 Pro merupakan model tertinggi pada seri Oppo X5 ini.

Pada sektor kamera, Oppo menyematkan prosesor MariSilicon X miliknya untuk pemrosesan gambarnya. Prosesor ini, merupakan hasil kerjasama antara Oppo dengan produsen kamera kelas atas yang berasal dari Swedia, Hasselblad.

Desain yang diusung Oppo Find X5 ini memiliki peningkatan jika dibandingkan dengan pendahulunya Oppo X3. Kini, Oppo menyematkan modul kamera dengan desain yang cukup unik, dimana modul kamera ini memiliki bentuk persegi panjang dengan sisi yang tidak terlalu simetris.

Spesifikasi Oppo Find X5 Pro

Ponsel Oppo Find X5 Pro ini memiliki bobot 218 gram dengan ketebalan ponsel yang hanya 8.5 mm. Oppo Find X5 Pro hadir dalam dua varian warna Ceramic White dan Glaze Black.

Oppo X5 Pro hadir dengan balutan layar AMOLED seluas 6.7 inci. Layar ini memiliki resolusi Quad HD Plus 3.216 × 1.440 piksel.

Layar Oppo Find X5 Pro ini telah dibekali dengan teknologi refresh rate hingga 120 Hz dan juga teknologi touch sampling rate yang mencapai 240 Hz. Untuk memanjakan mata, layar ini memiliki kerapatan piksel hingga 525 ppi, tingkat kecerahan (brightness) mencapai 1.300 nits, dan telah dilengkapi dengan pelindung layar dari Corning Gorilla Glass Victus.

Untuk sektor fotografi pada ponsel Oppo Find X5 Pro ini, terdapat kamera selfi yang tersemat pada punch hole dengan memiliki resolusi sebesar 32 megapixel dengan bukaan f/2.4.

Sedangkan fotografi pada bagian belakang ponsel, Oppo Find X5 Pro ini dibekali dengan tiga buah kamera, kamera utama (wide) ini memiliki resolusi sebesar 50 megapixel dengan bukaan f/1.7, kemudian terdapat kamera ultrawide beresolusi 50 megapixel dengan bukaan f/2.2. Kamera ultrawide ini memiliki kemampuan untuk menangkap objek foto seluas 110,3 derajat (FOV 110,3 derajat).

Sedangkan kamera ketiga merupakan kamera telefoto yang memiliki resolusi 13 megapixel dengan bukaan f/2.4. Kamera telefoto ini juga dilengkapi dengan teknologi digital zoom 2x dan hybrid zoom 5x.

Kedua kamera (kamera utama dan kamera ultrawide) pada bagian belakang ini, menggunakan sensor dari Sony IMX766. Kamera ponsel ini juga telah dilengkapi dengan teknologi peredam goyangan Optical Image Stabilizer (OIS) 5-sumbu baru.

Kamera ini telah dibekali dengan fitur Hasselblad Natural Color Calibration, yang menggunakan sensor warna 13-channel versi baru.

Yang tak kalah menarik dari fitur fotografi pada Oppo Find X5 Pro ini adalah adanya chip gambar yang dikenal dengan MariSilicon X Imaging NPU, yang mampu memproses penangkapan gambar menjadi lebih baik. Prosesor gambar ini menggunakan teknologi dengan fabrikasi 6 nm yang dibuat oleh Oppo sendiri.

Keunggulan yang dimiliki oleh chip gambar MariSilicon X yakni mampu mengurangi noise pada saat pengambilan gambar dan juga mampu merekam dengan kualitas hingga 4K Ultra Night Video dengan noise yang dibuat serendah mungkin dan juga menghasilkan warna yang lebih baik jika dibandingkan dengan pengaturan vidio malam biasa.

Oppo mengklaim, dengan teknologi ini, ponsel Oppo Find X5 Pro ini mampu merekam vidio HDR hingga 20-bit.

Jika menilik pada bagian dapur pacu pada Oppo Find X5 Pro ini, ponsel ini dibekali dengan prosesor terbaru dari Qualcomm, yakni Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Prosesor gahar ini dipadukan dengan RAM dan penyimpanan internal hingga 12/256 GB.

Sedangkan pada bagian daya ponsel, Oppo Find X5 Pro ini dibekali dengan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh. Ponsel ini juga telah dilengkapi dengan fitur pengisian cepat hingga (Super VOOC) hingga 80 watt. Dengan adanya fitur pengisian cepat ini, mengisi baterai dari 0-50 persen hanya membutuhkan waktu 12 menit saja.

Yang tak kalah menarik dari sektor daya pada Oppo Find X5 Pro ini yakni, Find X5 Pro telah dilengkapi dengan pengisian tanpa kabel AirVOOC hingga 50 watt. Dengan AirVOOC ini, ponsel mampu melakukan pengisian hingga 100 persen hanya dalam waktu 47 menit.

Ponsel Oppo Find X5 Pro ini juga telah dibekali dengan Health Engine yang memiliki fungsi untuk meningkatkan daya pakai baterai hingga 1.600 siklus pengisian.

Ponsel ini telah berjalan pada sistem operasi Android versi 12 dengan antarmuka ColorOS 12.1.

Oppo Find X5 ini telah lulus sertifikasi IP68 yang memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Ponsel ini mampu bertahan di air hingga kedalaman 1.5 meter dalam waktu kurang dari 30 menit.

Harga Oppo Find X5 Pro dijual dengan harga 1.300 euro (sekitar Rp 21 juta) untuk varian 12/256 GB.

Ponsel Oppo Find X5 Pro ini akan dijual mulai tanggal 14 Maret 2022 mendatang di China. Belum ada informasi pasti, apakah Oppo Find X5 Pro ini akan masuk pasar ponsel tanah air atau tidak.