Perbedaan iPhone HDC dengan iPhone Original yang Perlu Diketahui

Perbedaan iPhone HDC dengan iPhone Original yang Perlu Diketahui

DheVilz – HDC sendiri merupakan singkatan dari Hand Copy Draw atau yang dikenal dengan barang versi tiruan, replika, imitasi, abal-abal, KW, atau palsu. Banyak sekali ponsel-ponsel yang beredar merupakan barang HDC, termasuk pula produk iPhone.

Jadi, iPhone HDC bisa dikatakan ponsel tiruan yang tidak dikeluarkan secara resmi oleh Apple. Jika terdapat penjual yang menawarkan produk iPhone dengan embel-embel HDC, sudah bisa dipastikan bahwa itu merupakan iPhone tiruan, bukan iPhone asli yang dikeluarkan oleh Apple.

Bagi sebagian kalangan tertentu, menganggap bahwa iPhone merupakan barang mewah dan memiliki harga yang sangat mahal, oleh sebab itu terkadang terdapat beberapa orang yang menawarkan iPhone versi HDC. Dengan membeli iPhone versi HDC ini, pembeli bisa mendapatkan ponsel dengan harga yang cukup murah.

Bahkan, harga yang ditawarkan terpaut cukup jauh dibandingkan dengan versi asli atau versi originalnya. Sehingga banyak orang yang tergiur untuk membeli iPhone versi HDC ini.

Dengan harga 2 hingga 3 jutaan saja, bisa membawa pulang iPhone iPhone 13 Pro Max yang tentunya versi HDC.

Jika menilik dari bentuk secara fisik, ponsel iPhone HDC ini tidak ada bedanya dengan yang versi originalnya. Namun jika dilihat dari segi fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, iPhone versi HDC ini tidak memiliki spesifikasi yang sama dengan versi originalnya.

Berikut ini beberapa perbedaan iPhone HDC dengan versi original.

Tidak memiliki App Store

iPhone versi HDC juga menggunakan antarmuka (UI) yang dibuat semirip mungkin dengan iPhone versi original. Hal ini bisa dilihat dari logo aplikasi hingga tata letak opsinya, pada bagian ini bisa dibilang memiliki kemiripan yang tinggi dengan versi aslinya.

Perbedaan iPhone HDC dengan iPhone original bisa dilihat dari aplikasi App Store dan iTunes. Kedua aplikasi ini pun telah dimodifikasi sedemikian rupa agar mirip dengan versi aslinya.

Namun, pada iPhone versi HDC ketika digunakan untuk membuka iTunes ataupun App Store, kedua aplikasi ini akan secara otomatis terhubung ke Google Play Store. Padahal, Google Play Store merupakan toko aplikasi yang biasa digunakan untuk ponsel yang memiliki sistem operasi Android.

Tidak bisa masuk Apple ID maupun iCloud

Perbedaan kedua antara iPhone HDC dengan iPhone versi originalnya yakni ketika menggunakan akun pengguna perangkat. Pada iPhone versi HDC, biasanya tidak menggunakan akun Apple ID yang digunakan sebagai akun perangkat.

Pada ponsel iPhone HDC, akun perangkat yang digunakan seringnya malah menggunakan akun dari Google. Ketika tidak menggunakan akun Apple ID, secara otomatis ponsel tidak akan bisa menggunakan layanan penyimpanan yang berbasis cloud milik Apple, iCloud.

Tidak bisa tersambung ke iTunes

Perbedaan yang ketiga, ponsel iPhone versi HDC tidak bisa disambungkan dengan iTunes yang ada pada dekstop (laptop atau komputer). Kegunaan iTunes sendiri yakni aplikasi yang digunakan untuk untuk menghubungkan perangkat Apple ke dekstop untuk mentransfer file atau koleksi musik.

iPhone HDC tidak akan bisa mentransfer file musik ke dekstop melalui iTunes, karena ponsel iPhone HDC ini tidak akan terdeteksi sebagai perangkat Apple apabila dihubungkan ke dekstop melalui aplikasi iTunes.

Tidak support Siri

Perbedaan yang keempat, antara iPhone versi HDC dengan iPhone versi asli yakni terdapat fitur asisten suara. Pada ponsel iPhone versi HDC tidak mendukung fitur asisten suara yang dibuat oleh Apple, Siri. Jadi, tidak akan ada menemukan fitur Siri pada Apple versi HDC.

Siri ini digunakan untuk melayani perintah suara yang diberikan oleh pengguna. Siri sendiri sudah menjadi ciri khas dari produk-produk yang dikeluarkan oleh Apple, seperti iPhone, iPad, dan MacBook.

Menggunakan sistem operasi Android

Kemungkinan ponsel iPhone versi HDC tidak menggunakan sistem operasi buatan Apple, iOS. Karena banyaknya fitur Apple yang tidak bisa digunakan pada iPhone HDC ini, kemungkinan besar bahwa iPhone versi HDC tidak menggunakan sistem operasi iOS, melainkan menggunakan sistem operasi Android.

Kebanyakan, iPhone versi HDC menggunakan sistem operasi Android, namun dengan modifikasi antarmuka agar ponsel memiliki antarmuka yang mirip dengan iPhone versi original.

Tidak mendapatkan garansi dari Apple

Perbedaan yang keenam, ponsel iPhone HDC ini tidak terdaftar secara resmi pada laman garansi produk Apple. Melihat garansi resmi dari Apple dapat dilihat melalui laman http://checkcoverage.apple.com/ secara online. Semua produk resmi dari Apple, selalu terdaftar dan memiliki garansi resmi dari perusahaan.

Untuk mengetahui apakah ponsel atau produk dari Apple tersebut memiliki garansi resmi atau tidak bisa dilihat melalui laman resminya dengan memasukkan nomor IMEI ataupun nomor seri dari iPhone itu sendiri. Jika memiliki garansi resmi, maka data garansi dari produk tersebut akan muncul pada halaman tersebut.

Namun jika produk yang digunakan tidak resmi, maka status garansi tidak akan muncul setelah memasukkan nomor IMEI maupun nomor seri dari produk tersebut.

Jika sudah memiliki ponsel iPhone versi asli, bisa dirasakan kualitas material yang digunakan pada iPhone versi HDC terdapat perbedaan yang mencolok. Biasanya, ponsel iPhone versi HDC akan menggunakan bahan material yang ringan dan terasa tidak kokoh.

Kemudian, pada layar iPhone versi HDC juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Dimana pada versi HDC respon sentuhan layar tidak seresponsif pada iPhone versi original. Produk iPhone HDC memang memiliki kemiripan dan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan produk originalnya. Namun, bukan berarti kualitas yang didapatkan pada versi HDC akan sama dengan iPhone versi original.

Pada ponsel iPhone versi HDC biasanya tidak akan melewati proses pemeriksaan kualitas, sehingga kualitas dari iPhone HDC tidak bisa dipastikan dalam kondisi baik atau malah dalam kondisi buruk.

Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, dengan harga yang sama dengan iPhone HDC. Anda masih bisa mendapatkan ponsel lain yang memiliki kualitas lebih baik dari pada iPhone versi HDC.

Sekian perbedaan dari iPhone HDC dengan iPhone versi original, apakah Anda masih tertarik untuk membeli ponsel iPhone versi HDC?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.