Ponsel Gaming Baru iQoo 9 Series Siap Meramaikan Pasar Ponsel Tanah Air

Ponsel Gaming Baru iQoo 9 Series Siap Meramaikan Pasar Ponsel Tanah Air

DheVilz – iQoo, merupakan anak perusahaan Vivo yang difokuskan untuk memproduksi smartphone gaming telah meluncurkan produk terbarunya iQoo series untuk pasar India. Terdapat tiga model untuk iQoo series ini, yakni iQoo 9 reguler, iQoo 9 Pro, dan iQoo 9 SE.

Sama seperti pendahulunya, iQoo 9 series memiliki desain yang tidak terlalu mencolok seperti ponsel gaming pada umumnya. iQoo 9 series ini lebih menonjolkan pada spesifikasinya yang mampu untuk menunjang aktivitas gaming.

Dari ketiga produk iQoo 9 ini, ketiganya memiliki spesifikasi ponsel yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Namun, pada spesifikasi tertentu ketiganya memiliki kesamaan seperti refresh rate, RAM, sistem operasi dan fitur pendukung pada konektivitas ponsel.

Ketiga produk iQoo 9 series ini dibekali dengan prosesor dari Qualcomm, namun prosesor yang digunakan setiap ponsel memiliki seri yang berbeda-beda. Prosesor yang tersemat pada iQoo 9 series ini dimulai dari Qualcom Snapdragon 8 Gen 1 terbaru, hingga Snapdragon 888 yang telah dirilis tahun lalu.

Setiap seri ponsel iQoo 9 ini memiliki dua varian RAM dan penyimpanan yakni 8/128 GB dan 12/256 GB yang menggunakan RAM dengan teknologi LPDDR5. Untuk teknologi penyimpanan yang digunakan pada ponsel iQoo 9 ini menggunakan USF 3.1.

Ponsel iQoo 9 series ini dibekali dengan teknologi refresh rate yang mencapai 120 Hz dan juga touch sampling rate mencapai 300 Hz. Ketika seri dari iQoo 9 ini juga memiliki dukungan konektivitas jaringan 5G, Bluetooth 5.2, dan Wi-Fi dual band.

Selain itu, ponsel iQoo 9 ini dibekali dengan antarmuka Funtaouch OS 12 yang berjalan pada sistem operasi Android 12.

Berikut ini beberapa spesifikasi iQoo 9 series:

Spesifikasi iQoo 9 SE

Ponsel iQoo 9 SE merupakan ponsel paling terjangkau pada seri iQoo 9. Ponsel seri SE ini dibekali dengan layar sebesar 6.62 inci dengan panel AMOLED. iQoo 9 Se dibekali dengan layar dengan refresh rate mencapai 120 Hz.

Melihat dapur pacu pada ponsel iQoo 9 SE ini dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 888 yang berjalan pada fabrikasi 5 nm.

Sedangkan spesifikasi pada bagian kamera, ponsel iQoo SE ini dibekali dengan kamera utama sebesar 48 megapixel dengan bukaan f/1.79. Kemudian kamera ultra wide sebesar 13 megapixel dengan bukaan f/2.2 dan kamera monokrom sebesar 2 megapixel. Untuk kamera depan pada ponsel ini masih belum diketahui.

Untuk baterai yang dipakai pada iQoo 9 SE memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh yang juga dibekali dengan fitur pengisian cepat 66 W.

iQoo 9 Se ini juga dibekali dengan sensor sidik jari motor Z-Axis dan dukungan jaringan 5G.

Spesifikasi iQoo 9

iQoo 9 relular memiliki spesifikasi layar dengan resolusi Full HD plus dengan panel AMOLED. Layar ini memiliki bentangan 6.56 inci. Pada bagian dapur pacunya ponsel ini dibekali dengan prosesor Snapdragon 888 Plus yang berjalan pada fabrikasi 5 nm. RAM dan penyimpanan yang digunakan pada ponsel ini yakni 12/256 GB. Sedangkan pada bagian pengolah grafisnya, ponsel iQoo 9 ini menggunakan GPU Adreno 660.

Pada bagian kamera, ponsel iQoo 9 ini dibekali dengan kamera 48 megapixel, kemudian ada kamera ultra wide sebesar 13 megapixel dan kamera telefoto beresolusi 13 megapixel yang didukung dengan zoom optik 2 kali.

Untuk daya ponsel, iQoo 9 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.350 mAh. Untuk penunjang aktivitas yang tinggi sebagai ponsel gaming, iQoo 9 dibekali dengan pengisian cepat 120 W. Pengisian cepat ini merupakan pengisian dengan kabel, dan tidak dibekali dengan wireless charging.

Untuk keamanannya, ponsel iQoo 9 ini belum dibekali dengan sensor sidik jari ultrasonik, namun ponsel ini masih menggunakan sensor sidik jari lawas yang terletak dibawah layar.

Spesifikasi iQoo 9 Pro

iQoo 9 Pro merupakan varian tertinggi dari iQoo 9 series. Layar ini mengguanakan layar beresolusi QHD plus dan dibekali panel AMOLED LTPO.

9 Pro ini memiliki kedalaman warna hingga 10 bit dan juga kecerahan layar yang mencapai 1500 nits. Selain itu, ponsel ini telah dibekali dengan chip yang mampu meningkatkan warna dan juga mampu meningkatkan frame rate untuk kenyamanan dalam bermain game.

Pada dapur pacu yang dimiliki ponsel ini menggunakan prosesor terbaru dari Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Prosesor ini berjalan pada fabrikasi 4 nm dan dipadukan dengan pengolahan grafis GPU Adreno 730.

Baterai yang ditanam pada iQoo 9 Pro ini memiliki kapasitas tertinggi diantara seri lainnya. iQoo 9 Pro dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4.700 mAh serta dukungan pengisian cepat 120 W dengan pengisian kabel, dan dukungan pengisian tanpa kabel 50 W.

Pada sektor kamera, ponsel iQoo Pro dibekali dengan kamera utama sebesar 50 megapixel dengan bukan f/1.7. Kemudian ada kamera ultra wide sebesar 50 megapixel dengan bukaan f/2.27 dan juga kamera telefoto dengan resolusi 16 megapixel dengan bukaan f/2.23 yang juga dibekali dengan zoom optik hingga 2.5 kali.

Pada kamera selfi, tersemat kamera beresolusi 16 megapixel dengan bukaan f/2.45.

Ponsel tertinggi iQoo 9 Pro ini juga telah dilengkapi dengan sensor ultrasonik 3D Sonic Max dari Qualcomm yang digunakan untuk membuka kunci layar pada ponsel menggunakan sidik jari. Dengan berbekal teknologi terbaru ini, ponsel mampu membuka kunci lebih cepat hingga 11 kali dibandingkan dengan iQoo 7.

Selain itu, fitur canggih lainnya juga disematkan pada ponsel seperti fitur sistem pendigninan Vapor Chamber Liquid Cooling System, speaker dual stereo dan motor X-Axis Linear.

Ponsel iQoo 9 dan iQoo 9 Pro bekerja sama dengan BMW M Motorsport untuk membuat desain ponsel. Dengan adanya kerja sama ini membuat finishing ponsel memiliki finishing matte berwarna putih diserta tiga garis berwarna merah, hitam dan biru yang membentang secara vertikal.

Harga iQoo 9 Series

Ponsel iQoo 9 series ini sudah meluncur di India dan sudah bisa dipesan mulai hari ini. Namun untuk seri iQoo 9 SE baru bisa dipesan mulai tanggal 2 Maret mendatang.

VarianHarga
iQOO 9 SE 8/128 GB33.990 rupe atau sekitar Rp 6,5 juta
iQOO 9 SE 12/256 GB37.990 rupe atau sekitar Rp 7,3 juta
iQOO 9 8/128 GB42.990 rupe atau sekitar Rp 8,2 juta
iQOO 9 12/256 GB46.990 rupe atau sekitar Rp 9 juta
iQOO 9 Pro 8/128 GB64.990 rupe atau sekitar Rp 12,4 juta
iQOO 9 Pro 12/256 GB69.990 rupe atau sekitar Rp 13,4 juta