Samsung Galaxy S22 Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga Resminya

Samsung Galaxy S22 Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga Resminya

DheVilz – Ponsel Samsung Galaxy S22 series telah resmi meluncur dalam acara yang digelar secara online pada hari Rabu (09/02/2022) dengan tajuk Galaxy Unpacked. Ponsel ini sudah bisa dilakukan pemesanan (pre-order) di Indonesia.

Ponsel ini dihadirkan oleh produsen Samsung dengan dua prosesor yang berbeda, dimana salah satunya menggunakan prosesor Exynos 2200 dan ponsel yang lain menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Hal baru yang terjadi pada tahun 2022 ini yakni Samsung memasukkan Galaxy S22 series untuk pasar Indonesia dengan spesifikasi yang sama dengan pasar global. Beberapa yang menarik perhatian yakni spesifikasi global yang diusung pada Samsung Galaxy S22 ini dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Padahal jika melihat para pendahulu Galaxy S series, produk yang masuk ke Indonesia selalu dibekali dengan prosesor Exynos. Hal ini menjadikan ponsel Samsung Galaxy S22 menjadi ponsel Snapdragon 8 gan 1 pertama yang masuk di Indonesia.

Menurut kabar yang beredar, beberapa wilayah yang ikut mendapatkan Galaxy S22 dengan prosesor Snapdragon 8 gen 1 ini sebagian besar berada di wilayah Asia Tenggara, Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia Timur, Oseania, Asia Barat, Timur Tengah, dan Afrika.

Sedangkan Samsung Galaxy S22 dengan prosesor Exynos lebih dominan untuk pasar di wilayah Asia Barat, Timur Tengah, dan Afrika.

Ponsel Galaxy S22 series ini akan diluncurkan secara resmi dalam waktu dekat ini untuk pasar Indonesia. Walaupun baru diluncurkan secara global, peminat ponsel Samsung Galaxy S22 sudah dapat melakukan pemesanan (pre-order) melalui situs resminya.

Bagi yang tertarik dan telah melakukan pre-order Galaxy S22 series, ponsel akan mulai kirim pada tanggal 4 Maret 2022.

Dengan dibukanya pre-order tersebut, membuat ponsel Galaxy S22 ini menjadi ponsel pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor Snapdragon 8 gen 1.

Banyak produk lain yang dikabarkan akan menggunakan prosesor ini, namun sampai saat ini belum tersedia di Indonesia, meskipun produk tersebut sudah diklaim bakal menggunakan prosesor yang sama.

Beberapa produk yang memiliki prosesor Snapdragon 8 gen 1 diantaranya yakni Xiaomi 12 dan 12 Pro, di negara asalnya kedua ponsel Xiaomi ini dibekali dengan prosesor Snapdragon 8 gen 1, namun hingga saat ini tak kunjung resmi masuk pasar Indonesia.

Produk lain yang juga menggunakan prosesor Snapdragon 8 gen 1 ini yakni Realme GT 2 Pro. Ponsel ini telah diluncurkan di negara china pada bulan Januari tahun ini. Namun hingga saat ini belum ada kejelasan apakah ponsel Realme ini akan masuk ke tanah air atau tidak.

Masih banyak produk ponsel yang menggunakan prosesor Snapdragon 8 gen 1, seperti Motorola Edge X30, Oppo Find X4/X5 Pro, OnePlus 10 series, dan iQoo 9 series. Motorola ini sendiri menjadi ponsel pertama yang menggunakan prosesor terbaru Snapdragon 8 gen 1 yang telah lebih dulu rilis pada bulan Oktober 2021.

Prosesor Snapdragon 8 gen 1 ini menawarkan peningkatan performa yang baik berkat teknologi yang diadopsinya. Prosesor ini merupakan prosesor pertama buatan Qualcomm yang menggunakan Armv9 dari Arm dan juga berjalan pada fabrikasi 4 nm.

Prosesor ini menggunakan delapan inti (octa-core) yang dibekali dengan teknologi Kryo, namun tidak diberi keterangan mengenai seri Kryo tersebut.

Pada pengolahan grafisnya, GPU terbaru ini memiliki peningkatan performa hingga 30 persen dan juga efisiensi daya yang meningkat hingga 25 persen jika dibandingkan dengan pendahulunya yang ada pada Snapdragon 888.

Untuk pertama kalinya pada Galaxy S series dibekali dengan Qualcomm FastConnect 6900. Dengan adanya Qualcomm FastConnect 6900 menjadikan pengguna dapat menikmati kecepatan Wi-Fi yang kuat dan juga memiliki latensi yang rendah. Pada Qualcomm FastConnect 6900 memberikan dukungan terhadap  Bluetooth 5.2 terbaru dan optimalisasi untuk ketahanan, kualitas, latensi, dan efisiensi daya audio.

Pada segi konektivitas, ponsel ini telah dibekali dengan teknologi 5G dengan modem 5G X65 yang memiliki dukungan terhadap mmWave dan sub-6 5G.

Modem RF-System ini disebut-sebut sebagai modem pertama di dunia yang memiliki kecepatan unduh hingga 10 Gbps. X65 juga telah dibekali dengan dukungan Wi-Fi berkecepatan 3.6 Gbps melalui Wi-Fi 6 dan 6E.

Selain itu, prosesor Snapdragon 8 gen 1 ini dibekali dengan AI Engine generasi ke tujuh, yang memiliki performa yang lebih baik, manajemen yang lebih efisien, serta penggunaan daya yang lebih baik lagi.

Ponsel Samsung Galaxy S22 ini hadir dengan berbagai macam varian warna, seperti Phantom Black, Phantom White, Green, serta Pink Gold.

Untuk harga Samsung Galaxy S22 ini dibandrol dengan harga Rp 11.999.000 untuk varian penyimpanan 128 GB, dan Rp 12.999.000 untuk penyimpanan 256 GB.

Dengan melakukan pre-order mulai 09 Februari hingga 03 Maret 2022, pembeli akan mendapatkan penawaran menarik seperti eVoucher senilai Rp1.000.000, Silicone Cover with Strap, Lucky Box, dan Samsung Care+ 1 tahun (total senilai Rp3.347.000*).