Samsung Galaxy Tab A8 Harga Mulai 3 Jutaan, Ini Spesifikasinya

Samsung Galaxy Tab A8 Harga Mulai 3 Jutaan, Ini Spesifikasinya

DheVilz – Samsung secara resmi telah menghadirkan ponsel terbarunya yakni Samsung Galaxy Tab A8 ke jajaran ponsel Tanah Air. Ponsel ini akan menggantikan Samsung Galaxy Tab A7 sebagai pendahulunya yang telah rilis pada Oktober 2020 yang lalu.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, ponsel Galaxy Tab A8 ini membawa beberapa pembaruan yang lebih baik dibandingkan Galaxy Tab A7. Seperti peningkatan pada sektor desain, dimensi, hingga performa ponsel itu sendiri.

Beberapa perubahan desain diantaranya yang dahulu dibagian tengah-tengah punggung ponsel terdapat logo Samsung, kini logo tersebut berpindah posisi ke bagian kiri bawah, sehingga logo ini berseberangan dengan posisi modul kamera belakang.

Desain lain yang tidak luput mendapatkan sentuhan dari Samsung yakni adanya pembaruan pada desain kamera yang lebih baru, yakni camera deco, sehingga mampu menghasilkan desain yang minimalis dan modern.

Pada bagian layar, ponsel Galaxy Tab A8 ini memiliki ukuran yang lebih luas dibandingkan A7. Luas layar pada Galaxy Tab A8 ini mencapai 10.5 inci dengan screen-to-body-ratio yang mencapai 80.1 persen. Layar seluas 10.5 inci ini dibalut dengan bezel yang sangat tipis, bezel tipis ini didesain hanya 10.2 mm saja.

Sedangkan jika melihat pendahulunya, yakni Tab A7 memiliki layar dengan luas 10.4 inci dan memiliki screen-to-body-ratio mencapai 78.4 persen, dan ukuran bezel yang hanya 11 mm.

Namun, ada sedikit perbedaan, kini Samsung tidak menggunakan layar IPS. Alhasil, layar pada ponsel Samsung Galaxy Tab A8 ini menggunakan layar dengan jenis TFT.

Dapur Pacu Samsung Galaxy Tab A8

Jika menilik pada dapur pacu Galaxy Tab A8, ponsel ini tidak menggunakan chipset Snapdragon besutan Qualcomm. Sebagai gantinya, ponsel Samsung Galaxy Tab A8 ini dibekali dengan chipset Unisoc T618 yang diklaim mampu memberikan performa pada CPU dan GPU yang mengalami peningkatan hingga 10 persen dibandingkan dengan ponsel Galaxy Tab A7.

Tak lupa sektor kapasitas penyimpanan dan juga RAM juga mengalami peningkatan. Jika pendahulunya diberikan kapasitas penyimpanan hanya 32 GB, pada Samsung Galaxy Tab A8 ini kapasitas penyimpanan ditingkatkan hingga 128 GB. Jika kapasitas ini masih dirasa kurang, pengguna masih bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 1TB melalui slot microSD yang telah disediakan.

Tak tanggung-tanggung, kapasitas penyimpanan pada Galaxy Tab A8 ini meningkat hingga 4x lipat dari pendahulunya.

Baterai Samsung Galaxy Tab A8

Peningkatan lain juga terjadi pada sektor daya pada ponsel. Meskipun ponsel ini masih tetap menggunakan baterai dengan kapasitas 7.040 mAh, tetapi keluaran daya yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Tab A8 ini cenderung mengalami peningkatan.

Ponsel ini dibekali dengan fitur Fast Charging 15 Watt, ponsel Samsung Galaxy A8 ini diklaim mampu mengisi daya dari 0 persen hingga penuh dengan waktu 80 menit saja.

Nantinya, ketika Samsung Galaxy Tab A8 hadir di Tanah Air memiliki dua varian yakni WiFi only dan LTE. Yang membedakan diantara kedua varian ini yaitu kapasitas penyimpanan dan RAM yang ditawarkan.

Untuk Samsung Galaxy Tab A8 versi WiFi only akan dibekali dengan RAM dan kapasitas penyimpanan sebesar 3/32 GB. Sementara untuk Samsung Galaxy Tab A8 versi LTE memiliki kapasitas RAM dan juga penyimpanan hingga 4/128 GB.

Selain itu, pada varian Galaxy Tab A8 versi WiFi only hanya bisa mengandalkan WiFi agar ponsel bisa berselancar di internet. Sedangkan Tab A8 versi LTE telah dibekali dengan slot SIM Card yang dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet.

Bagi yang berminat untuk melakukan pembelian ponsel Samsung Galaxy Tab A8 ini bisa memesan melalui situs resminya di samsung.com untuk melakukan pemesanan awal (preorder) yang bisa dilakukan mulai tanggal 24 hingga 31 Januari 2022.

Tentunya perangkat yang dipesan pada saat Pre-Order akan di bundling secara otomatis dengan tambahan bonus berupa Book Cover (untuk varian WiFi) atau Galaxy Fit 2 (untuk versi LTE), mendapatkan layanan Samsung Care Plus selama 6 bulan, serta cashback pada Bank pilihan senilai Rp 250.000,-.

Harga Samsung Galaxy Tab A8

Samsung Galaxy Tab A8 Wifi Only (3/32 GB)Rp 3.000.000
Samsung Galaxy Tab A8 LTE (4/128 GB)Rp 4.500.000