Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab S8, S8 Plus, dan S8 Ultra Terbaru

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab S8, S8 Plus, dan S8 Ultra Terbaru

DheVilz – Ikut meramaikan bersamaan dengan peluncuran Samsung Galaxy S22 series, Samsung juga meluncurkan penerus dari tablet premiumnya, yakni Samsung Galaxy Tab S8. Terdapat tiga varian yang ikut meramaikan jajaran tablet tanah air, yakni Samsung Galaxy Tab S8 reguler, Tab S8 Plus, dan Tab S8 Ultra.

Tablet premium ini sudah bisa dilakukan pemesanan (pre-order) mulai 10 Februari hingga 3 Maret 2022. Bagi yang ingin melakukan pembelian (pre-order) bisa memesan melalui website resmi dari Samsung www.samsung.com/id.

Tablet dari Samsung ini terbagi menjadi dua jenis, yakni varian Wi-Fi only dan 5G. Sesuai namanya Galaxy Tab S8 Wi-Fi only hanya bisa menggunakan konektivitas dari Wi-Fi, sedangkan Samsung Galaxy Tab S8 5G memiliki dukungan konektivitas Wi-Fi serta jaringan 5G.

Untuk penyimpanan memori pada tablet ini, pada Samsung Galaxy Tab S8 dan S8 Plus tersedia pilihan RAM dan penyimpanan 8/128 GB serta 12/256 GB.

Sedangkan pada Samsung Galaxy Tab S8 Ultra terdapat tiga pilihan RAM dan penyimpanan, yakni 8/128 GB, 12/256 GB, dan 16/512 GB.

Jika penyimpanan internal masih dirasa kurang, tersedia tambahan slot microSD yang mampu membaca hingga 1 TB.

Namun, tidak semua pilihan RAM dan penyimpanan yang ada diatas bakal masuk ke Tanah Air. Hanya pilihan RAM dan penyimpanan tertentu yang nantinya akan dipasarkan di Indonesia.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8

Samsung Galaxy Tab S8 atau Tab S8 “regular” merupakan varian terendah diantara model-model Tab S8 lainnya.

Pada Tablet ini dibekali dengan layar berukuran 11 inci dengan panel LTPS TFT, yang memiliki resolusi WQXGA (2.560 x 1.600 piksel). Layar ini telah dibekali dengan dukungan refresh rate mencapai 120 Hz.

Untuk sektor fotografinya, Samsung Galaxy Tab S8 ini memiliki kamera depan dengan resolusi 12 megapixel. Sedangkan pada kamera belakang tersemat dua buah kamera dengan kamera utama 13 megapixel dan kamera kedua merupakan kamera ultra wide dengan resolusi 6 megapixel.

Pada bagian dapur pacunya, Galaxy Tab S8 ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang berjalan pada fabrikasi 4 nm. Nantinya Galaxy Tab S8 akan dibekali dengan Android 12 yang dibalut dengan antarmuka One UI 4.1.

Baterai yang dimiliki Samsung Galaxy Tab S8 ini memiliki kapasitas 8.000 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat Super Fast Charging 2.0 hingga 45 watt.

Pada sektor keamanan, tablet ini telah dibekali dengan sensor sidik jari (fingerprint) yang berada disamping tablet dan menyatu dengan tombol power.

Fitur lain yang dibawa tablet S8 versi reguler ini termasuk dukungan WiFi 6E, WiFi Direct, Bluetooth 5.2, tiga buah mikrofon, quad speaker besutan AKG, stylus S Pen, serta sertifikat IP68 untuk melindungi tablet dari air dan debu.

Pada varian ini, Galaxy Tab S8 ini dibekali dengan tiga varian warna yaitu Graphite (abu-abu), Silver, dan Pink Gold.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Plus

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Plus memiliki garis besar yang sama dengan varian “regular” atau “Tab S8”. Beberapa yang membedakan yakni pada bagian layar, baterai, dan juga sensor sidik jari.

Pada Galaxy Tab S8 Plus ini memiliki dimensi yang lebih besar jika dibandingkan dengan Tab S8 “regular”, layar yang dipakai pada Tab S8 Plus sendiri memiliki ukuran yang lebih besar, yakni 12.4 inci yang dibalut dengan panel AMOLED beresolusi WQXGA Plus (2.800 x 1.752 piksel).

Pada bagian daya, Baterai yang dipakai Samsung Galaxy Tab S8 Plus memiliki kapasitas yang lebih besar. Baterai yang digunakan yakni berkapasitas 10.900 mAh yang sama-sama didukung dengan pengisian cepat Super Fast Charging 2.0 hingga 45 watt.

Memiliki harga yang lebih mahal, Samsung Galaxy Tab S8 Plus telah dibekali dengan sensor sidik jari yang berada di bawah layar (on-display). Berbeda dengan versi “regular” yang memiliki sensor sidik jari pada bagian samping menyatu dengan tombol power.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Plus lainnya memiliki kesamaan dengan versi “regular”, bahkan warna model yang ditawarkan juga sama, yakni Graphite (abu-abu), Silver, dan Pink Gold.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Dari ketiga varian yang ditawarkan, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra merupakan varian tertinggi jika dibandingkan dengan Galaxy Tab S8 Plus dan S8 “regular”. Pada Galaxy Tab S8 Ultra memiliki dimensi yang lebih besar, baterai besar, serta dua buah kamera depan.

Pada bagian layar, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra dibekali dengan panel Super AMOLED dengan ukuran 14.6 inci. Layar super besar ini memiliki resolusi WQXGA Plus (2.960 x 1.848 piksel) dan juga dibekali dengan refresh rate mencapai 120 Hz.

Pada layar ini, tersemat dua buah kamera depan yang didesain sebagai kamera wide dan ultra-wide. Kedua kamera ini memiliki resolusi sebesar 12 megapixel. Sementara pada kamera belakang tersemat kamera utama dengan resolusi 13 megapixel (AF) dan kamera kedua merupakan kamera ultra-wide 6 megapixel. Tak luput pula terdapat LED flash pada kamera belakang untuk membantu pengambilan gambar di tempat yang gelap.

Untuk dapur pacunya, Galaxy Tab S8 Ultra dibenamkan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 gen 1. Sama seperti varian lainnya, S8 Ultra akan berjalan pada Android versi 12 yang telah didesain dengan antarmuka One UI 4.1.

Fitur lain yang terdapat pada tablet premium ini diantaranya sensor sidik jari yang berada di bawah layar (on-display), WiFi 6E, WiFi Direct, stylus S Pen, Bluetooth 5.2, USB tipe C, tiga buah mikrofon, dan juga empat speaker besutan AKG.

Berbeda dengan kedua varian lainnya, pada Samsung Galaxy Tab S8 Ultra hanya tersedia satu pilihan warna yaitu Graphite (abu-abu).

Sedangkan untuk pena digital (stylus) S Pen ketiga varian telah dibekali dengan S Pen pada kotak pembelian.