Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 dan S8 Plus Terungkap, Ini Spesifikasi Resminya

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 dan S8 Plus Terungkap, Ini Spesifikasi Resminya

DheVilz – Terdapat tiga varian yang hadir menghiasi varian dari Samsung Galaxy TAB S8, yakni varian Galaxy Tab S8, Galaxy Tab S8 Ultra, dan Galaxy Tab S8 Plus.

Pada acara Galaxy Unpacked yang berlangsung secara live, Samsung memperkenalkan produk terbarunya Galaxy Tab S8 series bersamaan dengan Samsung Galaxy S22. Acara ini berlangsung pada Rabu malam (09/02/2022).

Kedua produk yang diluncurkan tersebut membawa genetik dari pendahulunya, sehingga desainnya masih memiliki banyak kemiripan dengan generasi sebelumnya. Namun, untuk spesifikasi yang dibawakan, produk terbaru ini tentunya membawa peningkatan jika dibandingkan dengan seri pendahulunya.

Pada Samsung Galaxy Tab S8 dan Galaxy Tab S8 Plus mengusung kamera depan yang telah ditingkatkan dari pada pendahulunya, kini produk ini dibekali dengan kamera depan beresolusi lebih tinggi, yakni 12 megapixel (ultra wide).

Pada kamera belakang tablet ini juga mengalami peningkatan, dimana pada seri sebelumnya dibekali dengan kamera beresolusi 5 megapixel (ultra wide), pada seri terbaru Galaxy Tab S8 hadir dengan kamera beresolusi 6 megapixel (ultra wide). Sementara kamera utama pada Galaxy Tab S8 menggunakan kamera dengan resolusi 13 megapixel.

Tidak luput dari pengamatan, produk terbaru Samsung Galaxy Tab S8 dan juga Galaxy Tab S8 Plus juga mengalami peningkatan pada sisi konektivitasnya. Kini kedua tablet ini telah dibekali dengan dukungan konektivitas 5G. Tablet ini memiliki dua varian, yakni varian S8 Wifi (hanya dapat menggunakan jaringan Wi-Fi) dan juga varian 5G (Wi-Fi dan dukungan jaringan 5G).

Pada Samsung Galaxy S8 series, tablet Galaxy S8 regular merupakan series termurah dari ketiga varian yang ada.

Hadir dengan dimensi yang cukup besar, Galaxy Tab S8 regular ini memiliki ukuran 165,3mm x 253,8mm x 6,3mm dengan bobot 503 gram pada varian Wi-Fi Only, dan 507 gram pada versi 5G.

Pada bagian layar, Galaxy Tab S8 versi regular dibekali dengan panel LTPS TFT yang berukuran 11 inci dengan resolusi WQXGA (2.560 x 1.600 piksel). Pada layar ini telah dibekali dengan dukungan refresh rate mencapai 120 Hz.

Menilik pada bagian baterai, tablet Samsung Galaxy Tab S8 versi regular dibekali dengan baterai 8.000 mAh. Berbekal dari baterai berukuran jumbo ini, untuk kenyamanan dalam pengisian daya, tablet ini dibekali dengan pengisian cepat Super Fast Charging 2.0 hingga 45 watt. Dengan adanya teknologi pengisian cepat ini, tablet ini hanya membutuhkan waktu 80 menit untuk mengisi daya hingga 100 persen.

Tablet ini telah dibekali dengan sensor sidik jari yang berada dibagian samping. Sensor sidik jari ini menyatu dengan tombol power.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Plus

Berbeda dengan versi “regular”, spesifikasi dimensi yang dibawa pada varian Tab S8 Plus ini sedikit lebih besar. Layar pada Samsung Galaxy Tab S8 Plus ini mencapai 12.4 inci yang dilengkapi dengan panel AMOLED beresolusi WQXGA Plus (2.800 x 1.752 piksel). Tak luput pula, ponsel ini telah dibekali dengan refresh rate mencapai 120 Hz.

Dengan layar yang lebih besar tersebut, membuat dimensi pada Galaxy Tab S8 Plus turut meningkat. Dimensi pada varian Tab S8 Plus ini mencapai 185mm x 285mm x 5,7 mm dengan bobot 567 gram versi Wi-Fi dan 572 gram versi 5G.

Baterai yang tertanam pada Samsung Galaxy Tab S8 Plus ini juga memiliki kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan versi regular. Tab S8 Plus dibekali dengan baterai berkapasitas 10.090 mAh yang juga dibekali dengan pengisian cepat SuperFast Charging 2.0 hingga 45 watt.

Lebih ciamik jika dibandingkan dengan versi regular, pada versi Plus telah dibekali dengan sensor sidik jari on-display atau sensor sidik jari yang berada di bawah layar.

Fitur

Untuk fitur lain yang terdapat pada kedua tablet ini kurang lebih memiliki kesamaan.

Pada dapur pacunya, keduanya dibekali dengan prosesor yang sama yakni prosesor dengan delapan inti (octa-core) yang berjalan pada pemrosesan 64 bit dan juga berjalan pada fabrikasi 4 mm.

Pada bagian RAM dan penyimpanan, kedua ponsel ini juga memiliki pilihan yang sama yakni 8/128 GB dan 12/256 GB. Terdapat pula slot penyimpanan eksternal jika dirasa penyimpanan internal pada tablet masih kurang.

Samsung Galaxy Tab S8 dan Tab S8 Plus juga dibekali dengan sistem operasi yang sama, keduanya dibekali dengan OS Android 12 yang berbalut antarmuka One UI 4.1.

Sama seperti generasi sebelumnya, Samsung Galaxy Tab S8 series ini juga dibekali dengan pena digital (stylus) S Pen yang telah tersedia di dalam kotak pembelian.

Pena digital ini juga dapat diisi daya melalui kompartemen penyimpanan yang ada pada bagian belakang tablet.

Kedua produk terbaru ini memiliki varian warna yang sama, yakni warna Graphite (abu-abu), Silver, dan Pink Gold.