Cara Melakukan Ping Internet Melalui CMD

Cara Melakukan Ping Internet Melalui CMD

Advertisement

DheVilz Com – Balik lagi diblog DheVilz, blog yang membahas seputar dunia tutorial. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips dan trik tentang cara melakukan ping melalui CMD.

Pasti sudah tidak asing lagi bagi anda tentang apa itu ping. Bagi sebagian orang ping sudah menjadi bagian dari kesehariannya. Jika internet mengalami penurunan kecepatan atau internet lemot. Sebagian orang akan mengecek dengan cara melakukan ping melalui CMD. Bagi anda yang seorang blogger atau yang bermain webserver mungkin menggunakan ping ini untuk mengecek server apakah berjalan normal atau tidak.

Sebelum kita lanjutkan ke cara melakukan ping melalui CMD, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu kode-kode yang nantinya muncul ketika kita melakukan ping.

Penjelasan Hasil Ping pada CMD

Sebagai contoh kita ambil satu baris yang ada pada CMD gambar diatas. Reply from 103.77.106.234: bytes=32 time=57ms TTL=54

Reply

Jika pesan Reply ini muncul berarti komputer penerima memberikan respon atau tanggapan kepada pengirim bahwa pesan sudah di terima. Jika muncul pesan reply berarti komputer penerima dapat diakses atau dapat terhubung.

Advertisement

From 103.77.106.234

Jika pesan From dilanjutkan dengan barisan angka, ini merupakan balasan dari komputer bahwa komputer tersebut mengirimkan sinyal balasan melalui IP yang tertera. Pada contoh di atas komputer memberikan balasan melalui IP 103.77.106.234.

Bytes

Respon ini menjelaskan bahwa besaran paket data yang dikirimkan. Pada contoh diatas berarti besaran paket yang dikirimkan yaitu 32 Bytes. Besaran paket yang dikirimkan bisa anda atur sendiri, namun jika tidak di atur maka secara otomatis akan mengirimkan sebesar 32 Bytes untuk perangkat windows, dan 64 Bytes untuk perangkat Linux.

Untuk menentukan besaran bytes yang dikirimkan, anda bisa menuliskan dengan format seperti ini. ping dhevilz.com -t -l 1 Setelah menulis seperti ini, silahkan tekan enter. Berikut ini balasan yang saya terima

Reply from 103.77.106.234: bytes=1 time=80ms TTL=54

Time

Time ini menjelaskan bahwa berapa waktu tempuh yang dibutuhkan oleh paket untuk perjalanan pulang dan pergi. Respon Time ini ditentukan dengan satuan waktu milisecond(ms). Semakin kecil nilai Time ini, maka akan semakin bagus kualitas suatu jaringan.

Advertisement

Dan sebaliknya, jika nilai time ini semakin besar. Maka bisa dipastikan jaringan itu dalam keadaan tidak baik. Namun besar waktu tempuh ini juga dapat terjadi karena jarak komputer tujuan yang terlalu jauh atau bisa juga karena melewati route yang terlalu banyak.

TTL

TTL atau Time to Live merupakan limit waktu atau batasan waktu yang diberikan oleh komputer untuk satu kali perjalanan pulang pergi paket data. Besaran nilai TTL ini ditentukan secara otomatis oleh sistem operasi yang digunakan oleh pengirim dan nilai TTL ini akan terus berkurang 1 setiap kali melewati Router.

Request Time Out

RTO berarti tidak balasan dari penerima pesan. Paket yang dikirim sebenarnya sudah sampai pada penerima, namun komputer penerima tidak memberikan balasan atau bisa dibilang mengabaikan pesan tersebut. Walau demikian bukan berarti komputer tujuan dalam kondisi down. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari firewall, keamanan jaringan, trouble dalam jaringan, kerusakan NIC.

Destination Unreachable

Jaringan yang dituju tidak bisa diakses. Biasanya jaringan target ada, namun tidak ada jalur kesana. Kemungkinan lain, router tidak membolehkan akes ke jaringan tersebut. Hal lain penyebab munculnya respon tersebut yaitu jaringan kita sedang off atau internet kita sedang mati.

Cara Melakukan Ping Melalui CMD pada Sistem Operasi Windows

Selanjutnya yaitu cara melakukan ping melalui CMD. Karena disini saya menggunakan Sistem Operasi Windows, maka tutorial kali ini melakukan ping melalui CMD pada sistem operasi Windows.

Advertisement

Cara melakukan Ping Melalui CMD sangat mudah yaitu:

  1. Klik pada Star Button atau pencet logo jendela pada windows.
  2. Pada kolom search atau pencarian silahkan ketikkan CMD, maka jendela cmd akan terbuka
  3. Selanjutnya silahkan anda ketikkan sebagai berikut.

ping dhevilz.com -t -l

Selesai.

Sekian tutorial cara melakukan ping melalui CMD pada sistem operasi windows. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Advertisement