Cara Menggabungkan Gambar dan Mp3 menjadi Vidio

Cara Menggabungkan Gambar dan Mp3 menjadi Vidio

Advertisement

DheVilz Com – Kembali lagi di blog dhevilz.me, blog yang membahas dunia tutorial. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips dan trik atau tutorial tentang cara menggabungkan foto atau gambar dan mp3 menjadi vidio pada komputer atau laptop.

Cara menggabungkan file gambar dengan audio ini sangat cocok bagi anda yang masih sekolah atau sedang kuliah. Karena biasanya anda diberikan tugas untuk membuat presentasi atau diberikan tugas untuk membuat vidio tentang suatu hal.

Turorial ini sangat mudah sehingga tidak membutuhkan keahlian khusus atau pengetahuan tentang IT yang tinggi, karena saya akan memberikan tutorial semudah dan sesingkat mungkin agar anda lebih mudah untuk memahami Cara Menggabungkan Gambar dan Mp3 menjadi Vidio.

Sebelum kita memulai tutorial tentang cara menggabungkan gambar dan mp3 menjadi vidio, ada baiknya anda menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu, diantaranya yaitu:

  1. Kuota Internet
  2. Laptop/Komputer
  3. Snack/Kopi

Untuk tutorial cara menggabungkan gambar dan mp3 menjadi vidio yang akan saya bahas kali ini memiliki 2 cara. Cara yang pertama yaitu Offline atau bisa disebut juga dengan menginstal aplikasi di laptop atau komputer anda. Kemudian cara yang kedua yaitu dengan cara online. Cara online ini anda tidak perlu untuk menginstal aplikasi apapun di laptop atau komputer.

Tentu saja kedua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap cara memiliki kelebihan dan kelemahan, sehingga anda harus memahami kelebihan dan kelemahan ini terlebih dahulu sebelum memilih untuk menggunakan cara yang mana.

Metode Offline

Kelebihan menggunakan metode offline yaitu,
1. Anda tidak perlu membutuhkan terlalu banyak kuota internet
2. Kecepatan pemrosesan bisa lebih cepat dari pada metode online, namun harus di dukung komputer atau laptop yang memadai juga.
Kekurangan menggunakan metode offline yaitu,
1. Membutuhkan spesifikasi komputer atau laptop yang memadai

Metode Online

Kebalikan dari metode offline, metode online memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan,
Kelebihan menggunakan metode online yaitu,
1. Tidak perlu spesifikasi komputer atau laptop yang memadai
2. Tidak perlu menginstal aplikasi apapun karena kita memprosesnya melalui web browser

Advertisement

Kekurangan menggunakan metode online yaitu,
1. Membutuhkan kuota yang lebih besar dibandingkan metode online
2. Jika server sedang sibuk, terkadang penggabungan akan gagal dan diharuskan mengulang. Hal ini akan membutuhkan kuota tambahan karena kita harus mengulang proses dari awal lagi

Setelah anda memahami kelebihan dan kekurangan dari setiap metode, sekarang silahkan anda pilih akan menggunakan metode atau cara menggabungkan gambar dan mp3 menjadi vidio secara online atau offline.

Berikut ini situs atau web yang saya rekomendasikan untuk menggabungkan gambar dan audio secara online.

https://www.oneimagevideo.com/

Menggabungkan gambar dan audio secara online #1

Pada situs web yang saya rekomendasikan di atas dapat anda akses secara gratis dan tentunya tanpa watermark, sehingga tidak cocok untuk membuat vidio presentasi agar terlihat lebih profesional.

Caranya yaitu dengan mengunjungi alamat situs atau url yang sudah saya siapkan di atas tadi. Anda dapat membuka web tersebut melalui ponsel maupun laptop/komputer.

Cara Menggabungkan Gambar dan Mp3 menjadi Vidio
Cara Menggabungkan Gambar dan Mp3 menjadi Vidio

Pada bagian Select PNG atau JPEG, silahkan anda pilih browser dan cari gambar yang ingin anda gunakan untuk membuat vidio. Format gambar yang di dukung di sini yaitu PNG dan JPEG dengan maksimal besar file tidak lebih dari 25 MB.

Kemudian pada bagian Select MP3 audio file, silahkan anda pilih browse lagi dan cari audio atau mp3 yang ingin anda gabungkan menjadi vidio. Pada bagian audio, batas maksimal file yang dapat anda unggah yaitu 100 MB. Jika melebihi dari batas maksimal maka saat proses hampir selesai akan ada notifikasi jika file melebihi batas yang di sarankan.

Setelah gambar dan audio berhasil dimasukkan, sekarang pilih upload. Silahkan tunggu hingga proses selesai. Untuk melihat proses upload dan lainnya, anda bisa melihat di bagian kiri bawah, disana terdapat tulisan upload x%

Advertisement
yang menandakan proses upload. Setelah proses selesai maka akan muncul link download. Silahkan download file tadi.

Situs rekomendasi nomor dua yaitu MP3Toolbox. Anda bisa mengakses link atau urlnya di bawah ini.

https://mp3toolbox.net/mp3_to_video

Menggabungkan gambar dan audio secara online #2
Cara Menggabungkan Gambar dan Mp3 menjadi Vidio

Ada sedikit perbedaan cara penggabungan gambar dan audio di MP3toolbox dengan Oneimagevidio. Berikut ini cara menggabungkan gambar dan audio di MP3Toolbox.

  • Siliahkan pilih pada bagian Pick MP3 silahkan pilih audio yang anda inginkan untuk diubah menjadi vidio.
  • Maka secara otomatatis akan mengunggah audio tersebut ke server MP3Toolbox. Tunggu proses unggah hingga selesai.
Cara Menggabungkan Gambar dan Mp3 menjadi Vidio
  • Setelah proses pertama selesai, anda akan di bawa ke halaman baru seperti gambar di atas. Silahkan pilih format vidio sesuai selera anda. Disini saya memilih format MP4.
  • Untuk gambar yang ingin dijadikan vidio, pada bagian Video Fixed picture Silahkan pilih Pick a picture, cari gambar yang ingin dijadikan vidio.
  • Setelah itu silahkan pilih convert MP3 to Video.
  • Tunggu hingga proses penggabungan selesai. Maka akan muncul Tombol download.
Cara Menggabungkan Gambar dan Mp3 menjadi Vi dio
Advertisement
  • Jika sudah selesai maka akan muncul seperti gambar di atas, silahkan pilih Download your converted Vidio untuk mendownload file hasil yang digabungkan tadi

Metode Offline

Setelah metode online tadi, selanjutnya saya akan membahas metode offline. Metode offline diharuskan untuk menginstal aplikasi pada Komputer atau laptop. Pada tutorial offline cara menggabungkan gambar dan mp3 ini saya menggunakan aplikasi Bolide Slideshow creator.

Cara Menggabungkan Gambar dan Mp3 menjadi Vidio
https://www.dhevilzprojects.eu.org/2020/04/boiled-slideshow-creator.html
  • Silahkan download aplikasi yang sudah saya sebutkan di atas. Kemudian instal pada laptop atau komputer.
  • Setelah berhasil di Instal, silahkan buka aplikasi tersebut.

Pada bagian picture (1) silahkan pilih gambar yang ingin dijadikan vidio, disini anda bisa menambahkan beberapa gambar menjadi satu vidio. Anda juga dapat mengedit durasi setiap gambar sesuai keperluan.

Setelah gambar selesai di pilih, silahkan klik tombol plus berwarna hijau. (2) maka gambar akan otomatis pindah ke bagian bawah.

Selanjutnya silahkan pindah ke tab Audio files (3). Lalu cari file audio yang ingin dijadikan vidio dan lanjut dengan menekan tombol plus berwarna hijau. Maka audio akan pindah ke bagian bawah.

Pindah kebarisan bawah, yaitu pada angka no (4). Silahkan anda atur agar gambar tampil full. Silahkan pilih stretch.

Untuk mengatur resolusi atau kualitas vidio, silahkan pilih pada bagian (5). Terdapat berbagai macam format seperti 1280×720 atau 1920×1080 dan masih banyak lagi. Silahkan sesuaikan dengan keinginan.

Kemudian ke bagian no (6) silahkan anda klik untuk mengubah agar durasi vidio nantinya menjadi full seperti audio asli. Setelah semua setingan dikira sudah sesuai dengan keinginan anda.

Silahkan klik Make Video (7). berikan nama sesuai keinginan anda, atau bisa dibiarkan default dari aplikasinya. Kemudian pilih format vidio yang anda inginkan, seperti MP4 atau MKV. Kemudian pilih juga kualitas dari vidio yang di render. Semakin bagus kualitas, maka ukuran vidio juga akan semakin besar. Silahkan sesuaikan dengan selera anda sendiri.

Tunggu hingga proses selesai, maka folder akan terbuka dengan sendirinya. Sekian tutorial cara menggabungkan gambar dan audio menjadi vidio dari dhevilz.me. Semoga bermanfaat.

Advertisement