Cara Menggunakan 2 Speaker Berbeda Pada Windows Secara Bersamaan

Cara Menggunakan 2 Speaker Berbeda Pada Windows Secara Bersamaan

Advertisement

DheVilz Com – Kali ini saya akan membagikan tutorial cara untuk menggunakan 2 speaker bersamaan pada satu komputer saja. Hal ini sangat menarik, karena kita bisa menggunakan 2 speaker yang berbeda secara bersamaan.

Untuk pengguna PC atau komputer biasanya sudah terdapat dua jack audio ukuran 3,5mm pada bagian depan dan bagian belakang casing. Nah jika anda mempunyai satu headset dan satu speaker aktif serta ingin menggunakannya secara bersamaan anda bisa menyimak artikel kali ini.

Namun untuk pengguna laptop biasanya hanya tersedia satu buah slot untuk jack audio 3,5mm. Bagi anda yang ingin menggunakan 2 speaker yang berbeda anda dapat membeli usb soundcard untuk alternatifnya.

Jadi pada tutorial kali ini, anda bisa menggunakan headset untuk bermain game atau untuk mengerjakan tugas, anda juga dapat menggunakan speaker aktif untuk memutar musik dan lainnya.

Berikut ini langkah untuk Menggunakan 2 Speaker Berbeda Pada Windows Secara Bersamaan:

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mendownload aplikasi Audio Router terlebih dahulu, aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat anda unduh secara gratis.

https://www.dhevilzprojects.eu.org/2020/04/audio-router.html

2. Silahkan anda download link di atas, ukuran file kurang dari 1 MB. Sehingga aplikasi ini sangat ringan digunakan. Setelah anda mendownload, kemudian instal aplikasi tersebut.

3. Silahkan buka aplikasi Audio Router yang sudah anda instal tadi. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Advertisement
Cara Menggunakan 2 Speaker Berbeda Pada Windows Secara Bersamaan

4. Setelah aplikasi terbuka, maka akan muncul tampilan seperti di atas. Cara Menggunakan 2 Speaker Berbeda Pada Windows Secara Bersamaan yaitu dengan cara pilih tanda panah kebawah seperti pada gambar di atas, selanjutnya yaitu pilih route.

Cara Menggunakan 2 Speaker Berbeda Pada Windows Secara Bersamaan

5. Setelah anda memilih route, maka tampilan akan muncul seperti gambar di atas ini. Silahkan pilih salah satu sesuai keinginan anda.

Untuk contoh saja, ketika saya ingin memainkan sebuah game di PC dan ingin mendengarkan musik. Saya seting untuk musik (speaker 4-USB PnP sound Device) maka musik akan keluar di speaker aktif milik saya. Sedangkan game yang saya mainkan saya route ke Speaker (Dolby Home Theater v4 – Realtek HD Audio) maka suara game akan muncul di Headset.

Advertisement

Setingan di atas tidak mutlak, karena setingan juga akan menyesuaikan dengan PC atau Laptop milik anda.

Untuk catatan saja, setelah anda melakukan route, ketika anda ingin memainkan musik dan game secara bersamaan kembali, anda tidak perlu membuka aplikasi ini. Cukup seting pertama kali, maka yang selanjutnya akan mengikuti setingan awal tadi.

Sekian tutorial dari saya tentang Cara Menggunakan 2 Speaker Berbeda Pada Windows Secara Bersamaan semoga bermanfaat.

Advertisement