Cara Mudah Menggunakan Private DNS Terbaru

Cara Mudah Menggunakan Private DNS Terbaru

DheVilz Com – Private DNS merupakan fitur baru pada Android. Private DNS mulai tersedia pada Android 9.0 atau android Pie. Fungsi dari Private DNS ini yaitu mirip ketika Anda menggunakan VPN. Namun ada sedikit perbedaan disini. Ketika Anda menggunakan VPN maka lokasi dan IP akan berubah.

Advertisement

Nah ketika Anda menggunakan Private DNS tidak akan merubah alamat IP. Jadi Anda tetap menggunakan IP bawaan provider internet yang digunakan.

Kelebihan Menggunakan Private DNS

Beberapa kelebihan ketika kita menggunakan Private DNS yaitu:
1. Internet lebih stabil
2. Dapat membuka situs yang diblokir
3. Hemat Baterai

Jika kita menggunakan Private DNS, internet yang anda gunakan bisa lebih stabil dan terkadang malah dapat menaikkan kecepatan internet anda. Ada beberapa kasus ketika anda membuka web tertentu terasa berat atau lemot, tetapi ketika membuka web lainnya lancar-lancar saja. Nah menggunakan Private DNS ini bisa jadi dapat mengatasi masalah tersebut.

Advertisement

Seperti beberapa kasus belakangan ini, pemerintah membatasi sosial media seperti facebook, whatsapp dan sebagainya. Anda dapat menggunakan Private DNS ini untuk menembus situs yang diblokir tersebut.

Hemat baterai yang dimaksud disini yaitu jika dibandingkan dengan penggunaan VPN. Karena VPN disini terus berjalan dibelakang background sehingga aplikasi VPN terus menerus mengkonsumsi baterai. Nah jika Anda menggunakan Private VPN, penggunaan baterai akan sedikit lebih baik.

Silahkan Anda gunakan DNS Private ini dengan bijak.

Cara Menggunakan Private DNS

Baik, akan saya lanjutkan ke cara menggunakan Private DNS pada android 9 atau android Pie dan Android diatasnya.

Advertisement

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu buka pada menu setting atau setelan di ponsel android anda. Tampilan pada setiap tipe Android akan berbeda-beda. Namun inti dari langkah-langkah ini sama saja.

Cara Mudah Menggunakan Private DNS

Pada menu setting atau setelan, silahkan pilih Sambungan Nirkabel lainnya. Seperti yang saya sebutkan diatas mungkin saja tampilan atau penamaannya berbeda-beda, silahkan disesuaikan dengan android masing-masing.

Pada bagian Sambungan Nirkabel Lainnya, silahkan pilih Private DNS. Maka tampilan selanjutnya akan seperti dibawah ini.

Cara Mudah Menggunakan Private DNS

Jika tampilan pada Android saya seperti ini, silahkan pilih Tentukan DNS Pribadi

Advertisement
. Kemudian anda masukkan Private DNS yang ingin Anda gunakan. Disini saya menggunakan DNS dari Cloudflare yaitu 1dot1dot1dot1.cloudflare.com. Karena Cloudflare sudah mendukung data center di indonesia. Selain itu Cloudflre diklaim merupakan penyedia DNS tercepat saat ini.

Berikut ini pilihan DNS yang dapat Anda gunakan.

DNSPenyedia
1dot1dot1dot1.cloudflare.comCloudflare
cloudflare-dns.comCloudflare
1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.comCloudflare
dns.googleGoogle
dns.quad9.netQuad9
Daftar DNS

Sekian tips dan trik dari saya tentang cara menggunakan Private DNS terbaru, semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua. Terima Kasih

Advertisement