Cara Menghubungkan Google Domains ke Blogger Terlengkap

Cara Menghubungkan Google Domains ke Blogger Terlengkap

DheVilz – Google Domains merupakan layanan yang menjual domain internet yang dikelola oleh Google. Google Domains ini mulai beroperasi pada tahun 2015. Kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara menghubungkan Google Domains ke blog yang di host di Blogger.

Sudah banyak kalangan blogger yang mengenal dan menggunakan layanan domain dari Google ini. Selain kemudahan dalam pengaturan domain, harga yang ditawarkan oleh Google Domain ini cukup murah.

Advertisement

Namun walaupun harganya murah, domain dari Google ini memiliki keterbatasan metode pembayaran. Sehingga tidak sedikit yang mengurungkan niat untuk membeli domain di layanan Google Domains.

Jika Anda memiliki domain yang di beli dari Google Domains, dan bingung untuk menghubungkan ke blogger atau blogspot. Berikut ini saya berikan sedikit tutorial tentang cara menghubungkan google domains ke blogger atau blogspot.

Menyiapkan Blog di Blogger.com

Pada tutorial kali ini, pastikan Anda sudah memiliki blog yang ada di Blogger dan sudah memiliki domain dari Google Domains. Jika kedua persayaratan tersebut sudah terpenuhi. Silahkan Anda buka dasbord Blogger yang ingin Anda ubah menjadi domain TLD.

Jika Anda melakukan custom domain di Blogger, nantinya Anda akan memiliki dua alamat url, atau dua domain. Alamat url/domain yang pertama yaitu sub-domain dari blogger seperti contoh di bawah ini saya menggunakan dhevilztest.blogspot.com kemudian yang kedua yaitu Top Level Domain yang Anda beli di Google Domains. Pada contoh kali ini saya menggunakan domain TLD dhevilz.co

Untuk memulai menghubungkan domain ke blogger, silahkan Anda buka dasbord blogger. Kemudian silahkan Anda masuk ke menu Settings (1). Pada menu settings atau setelan silahkan Anda cari Custom domain(2).

Setelah itu, maka jendela custom domain akan muncul, silahkan Anda isi custom domain tersebut dengan domain yang sudah Anda beli dari Google Domains. Pada contoh di tutorial kali ini saya menggunakan domain dhevilz.co.

Periksa ejaan domain yang Anda isikan di dalam kolom custom domain. Jika dirasa penulisan domain sudah benar silahkan Anda klik pada bagian Save atau Simpan.

Jika Anda mengalami eror atau kesalahan pada tahap ini, itu artinya ada kesalahan penulisan pada domain Anda. Jika dirasa penulisan sudah benar, ada satu hal yang harus diingat oleh para blogger

Advertisement
. Custom domain pada blogger tidak bisa menggunakan naked domain. Beberapa contoh naked domain yaitu dhevilz.com atau dhevilz.co

Untuk mengatasi pesan eror pada saat menambahkan custom domain, silahkan Anda gunakan sub-domain pada penulisan di kolom costum domain. Contoh subdomain yang bisa Anda gunakan yaitu www.namadomain.tld, blog.namadomain.tld, tekno.namadomain.tld

Pada tutorial ini, saya menggunakan subdomain www, yaitu dengan menuliskan www.dhevilz.co. Setelah menambahkan awalan atau menambahkan sub-domain. Silahkan Anda klik Save atau Simpan.

Jika pesan eror berubah dan muncul pesan baru seperti gambar di atas ini berarti yang Anda lakukan sudah benar. Silahkan catat pada bagian yang saya blok. Bagian tersebut penting untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

(Name: www, Destination: ghs.google.com) and (Name: ttarclimexvz, Destination: gv-nlydkrarwcikty.dv.googlehosted.com)

Sebagai contoh, saya kopi kode yang saya dapatkan dari blogger pada bagian terpenting saja. Terdapat dua kode yang wajib Anda catat. Kode yang pertama yaitu Name: www dan Destination: ghs.google.com. Sedangkan kode yang kedua yaitu Name: ttarclimexvz dan Destination: gv-nlydkrarwcikty.dv.googlehosted.com.

Sebagai informasi tambahan, dua kode yang Anda dapatkan akan berbeda-beda sesuai dengan domain yang akan Anda hubungkan ke Blogger. Jadi silahkan gunakan kode milik Anda sendiri.

Apabila kode sudah dikopi atau disimpan, silahkan Anda lanjutkan ketahap selanjutnya.

Memasukan Kode ke Google Domains

Pada tahap kali ini, tutorial akan beralih dari dasbord Blogger ke Dasbord Google Domains. Silahkan Anda kunjungi website resmi dari Google Domain, atau Anda dapat mengakses link dibawah ini.

https://domains.google/

Setelah Anda mengakses web dari Google Domains tersebut, Anda diharuskan untuk login menggunakan akun Gmail yang Anda miliki. Silahkan pilih Sign In pada pojok kanan atas.

Setelah itu, Anda akan dibawa ke dasbord Google Domains, Silahkan pilih pada bagian My Domains maka akan muncul daftar domain milik Anda yang didaftarkan di Akun Google Domains dengan akun tersebut. Silahkan pilih Manage di samping kanan nama domain yang akan Anda gunakan.

Selanjutnya Anda akan dibawa ke dasbord domain yang Anda miliki. Pada bagian pojok kiri atas akan muncul nama domain yang akan Anda gunakan. Jika nama domain sudah benar, silahkan Anda pilih pada bagian Domain Overview

Setelah itu, Anda gulir ke bawah hingga muncul pengaturan Next Steps. Lalu silahkan Anda pilih pada bagian Add a CNAME record to your DNS Configuration.

Pada tahap selanjutnya Anda memiliki dua metode yang dapat digunakan, yaitu melakukan edit DNS dengan Google Domain atau mengarahkannya menggunakan Layanan DNS Cloudflare.

Saya menyarankan untuk menggunakan layanan dari Cloudflare karena proses validasi hanya memerlukan waktu beberapa menit saja. Namun pada tutorial kali ini akan saya berikan contoh untuk keduanya.

Mengarahkan Google Domains melalui dasbord Google

Untuk melakukan costum domain melalui dasbord Google Domains merupakan cara yang lebih singkat, namun proses validasi bisa saja lebih lama dari pada melalui Cloudflare. Berikut ini cara menghubungkan Domain Google melalui dasbord secara langsung.

Pada tahap sebelumnya yaitu memilih Add a CNAME record to your DNS Configuration, setelah Anda memilih Add a Cname maka Anda akan dibawa ke bagian DNS pada gambar dibawah ini.

Setelah masuk ke bagian penyetingan DNS silahkan Anda gulir kebawah hingga menemukan Custom resource records.
Pada kolom @ silahkan Anda isikan dengan kode Name yang Anda dapatkan dari dasbord Blogger. Bergeser ke kolom sebelah kanan, silahkan pilih tanda segitiga kebawah disamping tulisan A. Ganti kolom pada bagian A dengan CNAME. Pindah ke kolom sebelah kanannya, pada bagian 1H silahkan dikosongkan atau biarkan seperti itu apa adanya. Sedangkan pada bagian Domain Target silahkan Anda isikan dengan Kode Destination yang Anda dapatkan dari dasbord Blogger.

Jika kode yang pertama sudah selesai, silahkan Anda masukkan juga kode yang kedua seperti langkah tadi. Sehingga kedua kode tersebut berhasil dimasukan.

Apabila kedua kode berhasil dipasang, silahkan Anda masuk ke dasbord blogger kembali dan refresh browser Anda, setelah itu silahkan input kembali nama domain Anda di dasbord blogger. Jika sudah silahkan pilih Save.

Mengarahkan Google Domains melalui dasbord Cloudflare

Kemudian Cara yang kedua yaitu melakukan pengaturan menggunakan layanan dari Cloudflare. Pada tutorial kali ini saya anggap Anda sudah memiliki akun Cloudflare. Apabila Anda belum memiliki akun Cloudflare silahkan Anda baca terlebih dahulu panduan yang sudah saya buat beberapa bulan yang lalu pada artikel berikut ini.

Advertisement

8 Cara Mudah Menghubungkan Domain ke Cloudflare untuk Pemula

Setelah itu kembali lagi pada dasbord google domain, masuk ke bagian DNS. Kemudian cari pada bagian Name Servers.

Isikan Name Server dengan Name Server yang diberikan oleh Cloudflare.

Selanjutnya, jika Anda sudah memiliki Akun Cloudflare silahkan Anda login ke akun Cloudflare dan masuk ke bagian domain yang ingin Anda gunakan.

Setelah masuk di dasbord domain Anda di Cloudflare, silahkan Anda pilih pada bagian DNS.

Pada bagian DNS silahkan Anda pilih Add record. Berikut ini tampilan setelah Anda memilih Add record.

Pada bagian Type silahkan Anda ganti dengan CNAME
Pada bagian Name silahkan Anda isi dengan Name yang Anda dapatkan dari dasbord Blogger.
Pada bagian Target silahkan Anda isi dengan Destination yang Anda dapatkan dari dasbord Blogger.
Pada bagian TTL biarkan saja tetap Auto
Kemudian pada bagian Proxy Status silahkan Anda ubah awan berwarna oren menjadi abu-abu.

Jika kedua kode telah terpasang dengan benar, maka Anda akan memiliki dua DNS record dengan tipe CNAME. Jika kedua kode sudah terpasang, silahkan kembali ke dasbord Blogger dan silahkan masukkan ulang nama domain yang ingin Anda gunakan.

Jika menggunakan DNS Cloudflare, maka proses validasi hanya membutuhkan waktu 1 menit hingga 10 menit saja. Jika proses Anda belum berhasil, kemungkinan terdapat kesalahan ketika memasukkan kode. Silahkan Anda teliti kembali kode-kode yang Anda masukkan.

Untuk informasi, jika Anda melakukan penyetingan menggunakan Dasbord Google Domain, Anda tidak perlu melakukan seting pada dasbord Cloudflare. Namun ketika Anda menggunakan pengaturan melalui dasbord Cloudflare Anda hanya perlu melakukan seting pada Name Server di dasbord Google Domains

Apakah tutorial untuk menghubungkan Google Domain ke Blogger ini mudah untuk dipahami?

Advertisement

4 Komentar

  1. Mantap bang tutorialnya lengkap

    1. Author

      Terima kasih sudah berkunjung di blog ini kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *